Kpk Dari 30 Dan 60

Photo by Skitterphoto on pexels

Hi sobat pintar! Bagaimana nih kabarnya? Apakah kalian masih bangun dengan pendirian mencari FPB dan KPK? Pasti masih ingat dong , atau udah plong lupa ini ? Eits jangan galau, puas artikel ini kita akan sama – sejajar membahas mengenai cara mencari FPB dan KPK, bikin kalian mutakadim tengung-tenging dengan cara berburu FPB dan KPK jangan lupa baca artikel ini sampai selesai ya!!!!
Sebelum turut ke pembahasan, masih ingatkah kalian dengan kepanjangan dari FPB dan KPK? Ya, FPB itu kepanjangan bersumber Faktor Persemakmuran Terbesar, sedangkan KPK itu kepanjangan dari Kelipatan Persekutuan Terkecil.


Cara Mencari FPB dan KPK


Cara mencari FPB


FPB atau faktor persekutuan terbesar merupakan faktor yang sama dari dua bilangan atau lebih dan yaitu bilangan terbesar di antara faktor – faktor persekutuannya. Nah disini akan dibahas 2 cara untuk mencari nilai FPB, mandu yang mula-mula yaitu dengan faktorisasi prima dan cara yang kedua yaitu mengambil angka nan selevel dan terbesar dari faktor – faktornya.


Faktorisasi Prima


Langkah – langkah :
– Menentukan faktorisasi prima dari masing – masing bilangan.
– Mengalikan faktor yang sekelas dari bilangan – bilangan tersebut.
– Jika pada faktor nan sama pangkatnya berbeda, maka ambilah faktor nan terkecil.
Abstrak Soal :
Tentukanlah FPB dari 20 dan 30 !
Pembahasan:
Langkah pertama, takhlik pohon faktor kerjakan menentukan faktorisasi prima dari kedua kodrat tersebut. Nah caranya itu sobat, kalian bisa membagi kedua bilangan tersebut dengan bilangan prima hingga diperoleh hasil penutup yang tertinggal dan tidak dapat dibagi juga.


Dari gambar diatas, kita memperoleh faktorisasi prima bagaikan berikut :
20 = 2 x 2 x 5 = 22 x 5
30 = 2 x 3 x 5
Nah sobat bikin mencari biji FPB yaitu dengan cara mengalikan faktor yang ekuivalen dari bilangan 20 dan 30. Jika kalian menemukan faktor bilangan tersebut terdapat bilangan yang sebanding dan mempunyai pangkat yang berbeda, ambilah ketentuan yang punya panjang yang terkecil. Pecah hasil faktorisasi prima kita tadi terdapat  suratan yang sekufu dan berpangkat terkecil merupakan 2 dan 5. Jadi sobat, angka FPB semenjak 20 dan 30 adalah :
FPB dari 20 dan 30 =  2 x 5 = 10


Dengan Mengambil Angka Yang Sama Dan Terbesar Faktor – Faktor Persekutuannya


Nah sobat, untuk mencari poin FPB dengan mengambil poin yang sekufu dan terbesar, maka kita terlebih terlampau harus membuat faktor – faktor persekutuan bermula masing – masing bilangan.
Konseptual soal:
Carilah FPB dari 20 dan 30 !
Faktor – faktor 20 = 1, 2, 4, 5, 10, 20
Faktor – faktor 30 = 1, 2, 3, 5, 6, 10, 15, 30
Faktor persekutuan 20 dan 30 = 1, 2, 5, 10
Sudahlah sobat, dari faktor – faktor persekutuan 20 dan 30 dapat kita ambil satu poin nan sama dan terbesar. Pecah hasil diatas diperoleh 10 misal angka yang sama dan terbesar dari faktor persekutuan antara kodrat 20 dan 30. Bintang sartan FPB mulai sejak 20 dan 30 ialah 10.


Cara mencari KPK


KPK ataupun Kelipatan Persekutuan Terkecil merupakan kelipatan yang sebagai halnya nilai terkecil diantara kelipatan – kelipatan persekutuan dari dua bilangan atau kian. Nah disini akan dibahas 2 prinsip kerjakan mencari nilai KPK, cara nan pertama ialah dengan faktorisasi prima dan cara nan kedua yaitu menjeput nilai nan sama dan terkecil dari faktor – faktornya.


Faktorisasi Prima


Langkah – anju :
– Membuat pohon faktor berbunga masing – masing bilangan.
– Mengalikan semua faktor – faktor persekutuanya.
– Jika ada takdir yang sama pangkatnya berbeda, maka ambilah faktor nan terbesar.
Kamil Soal :
Tentukanlah KPK dari 20 dan 30 !
Pembahasan:
Awalan mula-mula, membuat tanaman faktor bagi menentukan faktorisasi prima dari kedua kadar tersebut. Nah caranya itu sobat, kalian bisa menjatah kedua qada dan qadar tersebut dengan kadar prima sampai diperoleh hasil akhir nan tersisa dan tidak bisa dibagi lagi.

Berpunca rajah diatas, kita memperoleh faktorisasi prima sebagai berikut :
20 = 2 x 2 x 5 = 22 x 5
30 = 2 x 3 x 5
Cukuplah sobat untuk mencari nilai KPK yaitu dengan prinsip mengalikan semua bilangan berpangkal faktorisasi prima. Jika kalian menemukan faktor bilangan tersebut terdapat ganjaran nan sama dan memiliki pangkat yang berbeda, ambilah kodrat yang memiliki tingkatan nan terbesar. Makara sobat, kredit KPK dari 20 dan 30 ialah :
FPB dari 20 dan 30 =  22 x 3 x 5 = 60


Dengan Menentukan Kelipatan Angka Terkecil Yang Sama


Sudahlah sobat, buat mencari nilai KPK dengan menentukan kelipatan biji terkecil yang sama. Maka kita perlu mengalikan predestinasi tersebut dengan bilangan asli ( 1, 2, 3, 4, 5, 6,… dan seterusnya). Kemudian kalian carilah ponten yang selevel pada kelipatan terkecil.
Lengkap soal:
Carilah KPK terbit 20 dan 30 !
Kelipatan 20 = 20, 40, 60, 80,….
Kelipatan 30 = 30, 60, 90, 120, …..
Nah sobat, dari kelipatan bilangan 20 dan 30 dapat kita peroleh angka 60 sebagai nilai nan sejajar dari kelipatan terkecil. Jadi KPK dari 20 dan 30 merupakan 60.
Nah bagaimana sobat berisi penjelasan diatas, layak menjujut dan mengesankan bukan?

Sobat Mandraguna jangan lupa download aplikasi Aku Digdaya di Play Store atau App Store, ya! Cak semau fitur Belajar Pintar yang buat nemenin Sobat belajar di rumah. Simak juga artikel-artikel lainnya, yaa.
Writer: Khofifah Titan Palupi
Editor: Muhammad Fahmi Ridlo

Source: https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/cara-mencari-fpb-dan-kpk-dengan-mudah-dan-cepat