Anchor Worm
atau
Lernea, nan lebih mahajana dikenal maka dari itu Pekebun Ikan Gurame di daerah Bogor dengan merek Kutu Penyemat ini, ialah parasit yang menempel plong jasmani ikan nan disebabkan oleh cacing jangkar (Anchor Worm).

Secara kesat ain Kutu Jarum ini tampak berwarna merah keputihan, seperti rayon atau cacing yang menjuntai dengan panjang sekitar seperempat dim.

Bila kehadirannya lain diwaspadai gempuran Kutu Penusuk dapat menyebabkan Ikan kehilangan berat badan, muncul dipermukaan air dan bahkan boleh menyebabkan kematian.

Tungau Jarum bisa menempel di manapun pada tubuh ikan, termasuk alat penglihatan, insang, dan sirip.

Sebagai pasilan Tuma Jarum berkembar pada tubuh iwak dengan cara membenamkan kepalanya, yang berbentuk angker, ke otot atau insang ikan. Kehadiran parasit ini pada tubuh ikan memudahkan lauk terinfeksi bakteri lega luka di mana Kutu Jarum terpaku.

Siklus Tungau Penusuk

Kutu jarum internal masa pertumbuhan sebelum dewasa seperti jentik nyamuk (intern halangan bangkang).

Pengalaman kami untuk mencerna serangan Kutu Jarum pada empang  Induk Gurame adalah :

– ikan terbantah sering menggosokan badannya dibenda-benda yang kasar,

– kesulitan bernapas

– muncul dipermukaan air dangan kelesuan (lama berdiam tanpa gerakan),

– Ikan Gurame yang berwarna hitam semarak berubah kelihatan bercat merah kecoklatan.

Karantina Ikan Baru.

Kutu pencucuk ini lewat menular, jangan nikah mengesakan ikan yang baru dibeli tanpa melakukan pengawasan berbunga benalu Kutu Jarum. Jadi pastikan untuk karantina semua ikan mentah. Tindakan preventif kerjakan mengkarantina iwak dapat dilakukan dengan salah suatu dari cara berikut:

– Menutulkan iwak pada konsentrat PK (Permanganat Potasium) 100mg masing-masing 25 liter air

– maupun direndam dalam larutan air garam 1-2 spatula bersantap per 25 liter air selama 1 jam,

– ataupun direndam internal larutan

2 – 4 ml formalin sendirisendiri 25 liter air sepanjang 30 menit,

Setelah salah satu perlakuan diatas dilakukan, pastikan bikin segera memindahkan ikan ke tambak air bersih karena mana tahu ikan kehilangan keseimbangan sejauh proses karantina.

Jelas, mencegah lebih baik pecah plong mengobati.

Prinsip Pengobatan

Bakal kasus nan kami alami, sebanyak 48 ekor induk Ikan Gurame intern satu tambak berukuran 120 m2 kedalaman 80cm terserang parasit Kutu Jarum. Tindakan yang kami lakukan yakni, ki memengaruhi indukan ke tebat lain dengan ukuran 100 m2 kedalaman 40cm. Iwak tidak anda berimakan sepanjang 2 hari, karena memang beberapa ikan nan sakit parah nafsu makannya menurun.

Hari-1, setelah ikan dimasukan ke dalam balong, ditempat air masuk kami taburkan 30g Abate . Beruntung, sesudah iwak dipindah ke kolam pengobatan, waktu berikutnya matahari bersinar cerah mendatangi erotis.

Hari ke-2, kami berikan 2 untai daun sente,

Hari ke-3, kami beri pakan 1kg pelet dicampur dengan 1 kapsul Super Tetra nan diseduh 1 beling air hangat. 1 makao Ddun sente diberikan siang tahun kalau daun sente sebelumnya habis.

Hari ke-7, ikan mulai terlihat memiliki nafsu bersantap dan racau berburu pelet.

Masa ke-10, indung Gurame sudah lalu kudus dari Kutu Jarum.

Hari ke-15, emak Gurame sudah lalu ada yang menghasilkan telur kembali. Alhamdulillahi rabbil’alamin.

Sekarang satu balong emak gurame lainnya nan weduk 60 ekor indukan terserang parasit Kutu Jarum, sepertinya kasus ini makin parah dari kasus sebelumnya. 5 sebatas 7 ekor emak sudah terlihat dipermukaan dengan warna mole yang kemerahan, sepertinya bakteri sudah lalu mulai menyerang. Dengan kondisi cuca yang hujan angin hampir setiap hari, kami khawatir pengobatan kali ini enggak sesukses kasus sebelumnya.

Kami plonco belaka selesai melakukan perendaman lauk kerumahtanggaan larutan PK dan Garam, memindahkan ikan ke empang tidak bakal penyembuhan, serta menaburkan 30gr Abate sreg aliran air timbrung.

Yang kami bisa lakukan hanya berupaya dan menunggu hasil berbunga segala apa yang kami upayakan. Semoga indung-induk Gurame sortiran dapat sehat lagi.

Demikian asam garam nan dapat kami sampaikan, sebaiknya berguna.

Informasi ini diberikan laksana pedoman untuk membantu Anda dengan menentukan penyebab ki aib kebugaran lauk. Dengan mengajuk panduan di situs kami Anda setuju bahwa kami tidak akan berkewajiban atau berkewajiban atas kerugian yang kali Anda dapatkan. Kami hanya berbagi manfaat semenjak camar duka kami dengan kesehatan lauk Gurame.