Lirik Lagu Mamangun Mahaga Lewu

PALANGKA RAYA
– Mahajana Kalteng patut berbangga. Pasalnya,  lagu
Mamangun
Tuntang Mahaga Lewu
atau membangun dan menjaga desa, asal Kalteng akan bergaung di Berlin, Jerman dalam acara pentas seni pada pertemuan internasional  yang berlangsung, 9-10 Maret mendatang.

Bos Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalteng Saidina Aliansyah kepada Tabengan, mengatakan, selain mengalunkan lagu tersebut, dalam pentas seni itu akan ditampilkan lagu karungut dan sejumlah disko tradisional asal Kalteng. Seperti Tari Mandau, Tari Bel, dan beberapa tarian lainnya.

“Privat pentas seni di Berlin, Jerman ini, terbit Negeri Kalteng membawa tim kesenian sebanyak 4 sosok penayub yang berasal dari 4 sanggar yang berbeda. Mereka saringan dan usulan semenjak masing-masing padepokan tersebut,” prolog Saidina, saat dibincangi di kantornya, yunior-mentah ini.

Pelibatan dari sanggar tari nan berbeda dan belum pernah dibawa keluar wilayah tersebut, sebut sira, demi menjunjung asas keadilan. Supaya demikian, mereka yang tersortir merupakan putra-putri Kalteng yang memiliki kemampuan yang pas.

“Untuk mematangkan penampilan mereka di Berlin, tim kesenian ini diminta mendendangkan beraneka rupa tarian pada malam pergelaran seni dan budaya yang akan dilaksanakan di Betang Mandala Pelancongan internal waktu damping ini. Mereka harus etis-benar optimal karena kegiatan tersebut diikuti 180 negara dan akan diliput 8.000 juru warta bumi,” paparnya.

Saidina menyatakan, tulangtulangan keberangkatan tim kesenian yang dipimpinnya mutakadim mendapatkan restu dari Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang. Selain Disbudpar Provinsi Kalteng, pihaknya menggandeng Awak Penanaman Modal dan Perizinan Daerah Provinsi, Jawatan Koperasi dan UMKM, serta Kantor Perindustrian dan Perdagangan Provinsi.

Pelibatan mereka untuk mempromosikan potensi dan keanekaragaman di Provinsi Kalteng kepada peserta dan petandang pentas seni internasional tersebut. Selain itu, pula mengikutsertakan Pemkab Katingan dengan jumlah personel 18 orang.

“Kegiatan ini sudah lalu di-setting
makanya pihak Kementerian Kebudayaan dan Ekonomi Ki berjebah melalui Direktur Pariwisata Hubungan Luar Negeri. Kami lampau berterima anugerah kepada Gubernur Kalteng dan Wakil Gubernur, karena teleh memasrahkan kesempatan dan dukungan kepada perwakilan berpunca Kalteng bagi mempromosikan daerah internal event alam semesta,” katanya.dkw

Source: https://obaiputra.blogspot.com/2013/02/lagu-mamangun-tuntang-mahaga-lewu-di.html