Makalah Renang Gaya Kupu Kupu



Portal I
PENDAHULUAN


A.



Latar Bokong

Renang telah dikenal sejak masa prasejarah. Lukisan dari Jaman Batu telah ditemukan di dalam terowongan para perenang hampir Wadi Sora (atau Sura) dibagian barat-daya Mesir.
Wacana gubahan yang mulai sejak dari 2000 tahun sebelum serani, tertulis Gilgamesh, Iliad, dan Odyssey, Injil (Ezekiel 47:5, Perjanjian 27:42, Isaiah 25:11, Beowulf, dan hikayat lainnya). Puas periode 1538 Nicolas Wynman, Mahaguru bahasa berkebangsaan Jerman, menulis daya renang pertama kali, Colymbetes. Sayembara renang di Eropa dimulai sekeliling waktu 1800, sebagian osean menggunakan mode dada.

Tren bebas, yang kemudian disebut the trudgen, diperkenalkan pada hari 1973 oleh John Arthur Trudgen, menirunya dari Orang Amerika safi. Renang menjadi bagian dari pertandingan Olympiade modern yang pertama tahun 1896 di Atena. Pada tahun 1902 the trudgen diperbaharui maka itu Richard Cavill, memperalat sentakan mengibas. Puas tahun 1908, asosiasi renang sedunia, Federasi Renang Amatir International (FINA/ Federation Internationale de Natation de Amateur) dibentuk. Gaya kupu-kupu mula-mula kali adalah macam berasal gaya dada, sampai alhasil ia diterima sebagai kecondongan yang terpisah lega perian 1952.


1.




Zaman Kuno

Lukisan terbit Zaman Batu mutakadim ditemukan didalam korok para perenang dekat Wadi Sora (atau Sura) dibagian Barat-Daya Mesir dekat Libya. Gambar-gambar ini nampak menunjukkan gaya dada atau kecenderungan anjing menciau, meskipun bisa jadi engkau siapa menunjukkan propaganda nan berkaitan dengan prosesi ritual yang artinya tidak terserah kaitannya dengan renang. Gua ini lagi digambarkan lega film English Patient.
Stempel parafin Mesir yang bertanggal antara 4000 dan 9000 tahun sebelum masehi menunjukkan catur perenang nan diyakini berenang dengan variasi berbunga gaya independen. Referensi tidak mengenai renang sekali lagi ditemukan pada rang timbul Babylonia dalam lukisan dinding Assyria yangmenunjukkan variasi dari kecondongan dada. Lukisan yang paling terkenal telah ditemukan di padang pasir Kebir dan diperkirakan berbunga dari sekitar 4000 tahun sebelum masehi.

Gambar timbul Nagoda juga menunjukkan perenang nan berasal semenjak 3000 waktu sebelum masehi. Keraton Indian Mohenjo Daro berusul 2800 tahun sebelum serani n kepunyaan balong renang berdosis 30 m x 60 m. Istana Minoan Minos of Knossos di Kreta sekali lagi dilengkapi dengan bak mandi. Kuba kuno Mesir terbit 2000 tahun sebelum masehi menunjukkan diversifikasi dari gaya bebas.

Penggambaran perenang juga ditemukan pada Hittites, Minoans, dan masyarakat Timur Tengah lainnya, orang Inca n domestik Rumah Tepantitla di Teotihuacan, dan internal mosaik di Pompeii. Referensi tulisan yang berasal dari 2000 tahun sebelum masehi, termasuk Gilgamesh, the Iliad, the Odyssey, Injil (Ezekiel 47:5, Perjanjian 27:42, Isaiah 25:11), Beowulf, dan hikayat lainnya, meskipun gayanya enggak pernah dijelaskan. Ada pula beberapa yang menyinggung para perenang dalam naskah kuno Vatikan, Borgian dan Bourbon.

Individu-orang Yunani bukan mengikut sertakan renang pada Pertandingan Olympiade kuno, namun mempraktekan olah badan tersebut, sering kali membangun kolam renang bak bagian dari umpama bersiram mereka. Satu pernyataan yang galibnya menyinggung di Yunani adalah dengan mengatakan adapun seseorang bahwa dia bukan sempat bagaimana caranya berlari ataupun berenang. Bani adam-makhluk Etruscan di Tarquinia (Italia) menunjukkan gambar para perenang dalam 600 tahun sebelum masehi, dan kober kuno di Yunani menunjukkan bentuk perenang-perenang 500 tahun sebelum masehi.

Orang Yunani Sisilia telah dijadikan terhukum pada sebuah kapal Persia king Xerxes I plong 480 perian sebelum serani. Sehabis mengetahui gempuran yang akan cak bertengger untuk angkatan laut Yunani, ia mencuri pisau dan lompat keluar kapal. Sepanjang malam dan dengan menunggangi alat bantu pernapasan (snorkel) yang terbuat dari buluh, ia berenang pula kearah kapal dan mencelah talinya.

2.



Abad Pertengahan hingga tahun 1800

Renang awalnya yaitu salah satu berpunca tujuh keterampilan yang dimiliki maka itu para kesatria privat Abad Pertengahan, termasuk berenang dengan mengaryakan gaun baju besi. Akan semata-mata, sejak renang dilakukan n domestik keadaan minus pakaian, kamu menjadi kurang populer karena masyarakat menjadi semakin konservatif, dan engkau sudah lalu ditentang oleh gereja lega akhir abad pertengahan. Laksana contoh, sreg abad ke 16, pengadilan Jerman mendaftarkan dalam Vechta larangan tempat renang masyarakat minus gaun buat anak-anak.
Leonardo da Vinci mewujudkan sketsa sediakala tentang pelampung. Pada tahun 1538 Nicolas Wynman, Guru besar bahasa berkebangsaan Jerman, menggambar pertama kali muslihat renang Colymbetes. Tujuannya bukan cak bagi olah badan, tapi lebih untuk mengurangi bahaya tenggelam. Meskipun demikian, muslihat tersebut berisi pendekatan yang terlampau bagus dan metodis cak bagi belajar berlatih gaya dada, tertera alat bantu renang sama dengan jaring-jaring berisi tekanan awan, sangkutan awi, atau sabuk pelampung. Sekeliling perian nan hampir bersamaan, E. Digby bermula Inggris kembali menulis anak kunci tentang renang, menyatakan bahwa individu boleh berenang bertambah baik semenjak ikan.

Pada periode 1603 organisasi renang pertama dibentuk di Jepang. Baginda Go-Yozei dari Jepang menyatakan bahwa pelajar sekolah harus dapat berenang. Pada tahun 1696, notulis Perancis Thevenot menulis Seni Berenang, mengklarifikasi bahwa tren dada dahulu mirip dengan gaya dada modern. Buku ini sudah diterjemahkan kedalam bahasa Inggris dan menjadi pustaka barometer renang sejauh bertahun-tahun sebatas perian yang kemudian hari.
Pada waktu 1708, kelompok penyelamat pertama yang dikenal Asosiasi Chinkiang lakukan Menyelamatkan Jiwa dibentuk di Cina. Pada perian 1796 klub renang (nan masih terserah) telah ditemukan di Upsala, Swedia. Benjamin Franklin diakui sebagai pencipta sirip kejai renang pada usia dasa, tahun 1716. Pada periode 1739 Guts Muts (juga dieja dengan Guts Muth) pecah Schnepfenthal, Jerman, menulis Gymnastik fr die Jugend (Olah raga untuk suku bangsa muda), termasuk didalamnya bagi tunggal adapun renang.

Pada tahun 1974 Kanonikus Oronzio de Bernardi of Italy menulis dua volume buku mengenai renang, termasuk latihan mengambang bak prasyarat lakukan berlatih renang. Pada hari 1798 Guts Muts menulis daya lain Kleines Lehrbuch der Schwimmkunst zum Selbstunterricht (Buku cak bimbingan katai tentang seni renang buat sparing sendiri), merekomendasikan penggunaan alat pancing untuk membantu dalam berlatih berenang.


B.



Rumusan Ki kesulitan

  1. Segala Signifikasi Berenang itu koteng?
  2. Apakah pengertian Kecenderungan Rama-rama?
  3. Bagaimana membedakan Gaya Bebas dengan Gaya Kupu-kupu?
  4. Bagaimana tehnik berenang Gaya Kupu-kupu ?


C.



Intensi

  1. Mengetahui signifikasi berenang Gaya Rama-rama
  2. Mengetahui perbedaan renang Gaya Bebas dengan Kecondongan Rama-rama
  3. Mencerna Tehnik Mode Kupu-kupu
  4. Mengetahui manfaat renang

BAB II
PEMBAHASAN









A.






Denotasi


1.



Berenang

Berenang adalah kampanye sewaktu berputar di air. Berenang kebanyakan dilakukan tanpa perlengkapan imitasi. Kegiatan ini dapat dimanfaatkan bikin rekreasi dan olahraga. Berenang dipakai refleks bergerak mulai sejak suatu tempat ke medan lainnya di air, mengejar lauk, bersiram, maupun melakukan gerak badan air.

Berenang untuk keperluan rekreasi dan kompetisi dilakukan di tambak renang. Basyar juga berenang di sungai, danau, dan laut umpama bentuk rekreasi. Olahraga renang membuat jasad fit karena erat semua otot bodi dipakai sewaktu berenang.



  1. Tendensi Kupu-kupu

Gaya kupu-kupu yaitu salah suatu gaya berenang dengan posisi dada mendatangi ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah dan digerakkan ke sebelah luar sebelum diayunkan ke depan. Sementara kedua belah kaki secara bersamaan menendang ke pangkal dan ke atas sama dengan operasi kepet ekor lauk atau lumba-lumba. Udara dihembuskan awet-awet berasal mulut dan hidung sebelum bos unjuk dari air, dan udara dihirup suntuk perkataan ketika kepala berlimpah di asing air.

Dibandingkan tren renang lainnya, berenang gaya kupu-kupu memerlukan kekuatan yang besar dari perenang. Perenang tercepat mode kupu-kupu dapat berenang bertambah cepat dari perenang tren bebas. Kepantasan renang gaya kupu-kupu didapat dari lenggang kedua belah tangan secara bersamaan. Gaya kupu-kupu merupakan kecondongan renang terbaru internal pertandingan renang. Perenang kecenderungan kupu-kupu pertama kali timbrung dalam tanding renang plong masa 1933.

Berbeda pecah gaya bebas, kecenderungan dada, dan gaya jejak kaki yang umumnya dapat mudah dikuasai, pemula perlu waktu kian lama untuk mempelajari penyerasian propaganda tangan dan suku internal kecondongan rama-rama. Sebagian samudra pemula juga menganggap gaya kupu-kupu misal tren tersulit kerjakan dipelajari. Dibandingkan ketiga tren berenang lainnya, teknik kampanye yang buruk n domestik tendensi kupu-kupu tak dapat ditutupi dengan besarnya tenaga yang dikeluarkan perenang.


3. Mengeluarkan renang Gaya Adil dengan Tren Kupu-kupu

Pola renang gaya bebas mempunyai kemiripan dan perbedaan dengan cermin gaya renang kupu-kupu. Persamaan terletak pada teknik meluncurnya. Padahal perbedaannya terwalak pada gerakan lengan. Manuver lengan :

·


Pada renang gaya netral terdapat 3 macam gerakan lengan, adalah gerakan menarik (pull), menyorong (push), dan istirahat (recovery).

·


Pada saat renang gaya rama-rama, terdapat dua macam gerakan renang, yaitu saat lengan diatas air dan dibawah air.

4. Teknik Gaya Rama-rama



a.










Persuasi Kaki


·



Posisi awal, kaki dan paha dengan posisi harfiah. Dengkul tidak boleh ditekuk. Pun kedua bekas kaki tungkai dalam posisi sangkil berdekatan (sangkil rapat) satu sama lainnya.


·



Kemudian gerakkan kedua suku secara bersamaan sedikit ke atas latar air


·



Kemudian jatuhkan ke dua suku secara bersamaan ke dasar, sehingga membentangkan dorongan ke depan. Dan birit akan terdorong dan naik ke depan.



b.










Aksi Tangan

  • Posisi awal, kedua tangan verbatim di atas pemimpin (kedua telapak tangan berdekatan, tapi tidak teradat menempel suatu dengan yang lainnya)
  • Kemudian tarik kedua tangan ke radiks secara bersamaan. Terus tarik mencecah birit.
  • Kemudian sanggang kedua tangan secara bersamaan keluar dari bidang air dan ayunkan kembali depan.



c.










Manuver Kombinasi Tangan, Kaki & Menjeput Nafas

Gerakkan tungkai seperti lega point 1 di atas. Kemudian gerakkan kedua tangan ke bawah secara bersamaan. Pada waktu gerakan tangan ke bawah inilah saat kita sedikit menaikkan kepala ke atas bikin menjumut nafas. Gerakan kaki dan tangan dilakukan berselang -selang.


4.Manfaat Renang Bagi Awak

Olah rag renang sudah sejak dahulu kala. Renang pertama kli di kenal oleh bangsa barat. Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa Tehnik Renang Gaya Objektif berbeda dengan Tren Punggung. Jangan sampai waktu kita berenang menggunkan teknik yang keseleo karena distorsi menagakibatkan gangguan bagi tubuh. Renang juga bermanaat bakal kesehatan tubuh seperti:

Meningkatkan Kualitas Dalaman Dan Peredaran Darah, Meningkatkan Kapasitas Vital Paru – Paru, Mempengaruhi Otot Mejadi Mandraguna.

Bab III
Penali

A.  Kesimpulan

Olah rag renang sudah sejak zaman kuno. Renang pertama kli di kenal maka dari itu bangsa barat. Dari pembahasan diatas boleh disimpulkan bahwa Tehnik Renang Gaya Bebas berbeda dengan Mode Punggung. Jangan setakat perian kita berenang menggunkan teknik yang salah karena digresi menagakibatkan bencana lakukan bodi. Renang juga bermanaat bagi kebugaran tubuh seperti:

Meningkatkan Kualitas Jantung Dan Peredaran Pembawaan, Meningkatkan Kapasitas Vital Paru – Paru, Mempengaruhi Urat Mejadi Berisi.

DAFTAR PUSTAKA

Source: http://prismadewi.blogspot.com/2013/11/makalah-renang-gaya-kupu-kupu.html