Nada Dasar Lagu Aku Anak Indonesia Adalah

tirto.id – Masagus Abdullah Totong Mahmud atau kian dikenal AT. Mahmud, namanya tidak luar kembali sebagai penyusun lagu anak-anak. AT. Mahmud lahir di Palembang, puas sungkap 3 Februari 1930, dan meninggal di usia 80 tahun, pada terlepas 6 Juli 2010.

Bakat musik yang anda miliki mutakadim tumbuh sejak mulai dewasa. AT. Mahmud pada semula belajar di Sekolah Rakyat, Sembilan Ilir.

Ketika usianya 7 waktu, ia pindah ke Hollandse Indische School (HIS) 24 Ilir. Di sinilah, ia sparing notasi angka dan mengenal irama.

Ketika Jepang menguasai Indonesia, AT. Mahmud bermigrasi ke Muaraenim. Ia mulai membiasakan sandiwara dan musik. Hingga akhirnya ia bersua dengan Ishak Mahmuddin, seorang anggota orkes musik Ming, yang tenar di Muaraenim.

Bersama Ishak, sira belajar memainkan alat musik. Selain itu, Ishak juga membimbingnya mengarang lagu.

Sehabis keluar dari kerjaannya di pelecok suatu bank milik Belanda, ia mendaftar di Sekolah Guru bagian A (SGA). Selama pendidikan, kamu mengarang nyanyian buat ibu. Namun, teks nyanyian tersebut sudah hilang.

Pada tahun 1963, ia dipindahtugaskan ke Sekolah Master Taman Kanak-Kanak (STGK), yang berlokasi di Jalan Halimun, Jakarta Selatan.

Di tempat ini, ia menemukan lahan untuk mengembangkan talenta dan potensinya, ialah menciptakan lagu untuk anak-anak.

AT. Mahmud menciptakan ratusan lagu anak-anak, beberapa lagu ciptaannya yaitu berjudul Ambilkan Bulan Bu, Pelangi, Anak Gembala, Libur Tlah Tiba, Pakcik Cak bertengger, Mendaki Guning, Cemara, Venus, Kereta Apiku, Burung Berlagu, Aku Anak asuh Indonesia, Cicak di Dinding, Amelia, Barisan Musik, dan masih banyak lainnya.

AT. Mahmud mengatakan, sumber dari terciptanya lagu anak-momongan tersebut bersumber berpangkal tiga keadaan. Pertama, dari perilaku anak asuh itu sendiri.

Kedua, pada pengalaman masa kecilnya. Ketiga, pesan pendidikan yang disampaikan pada anak-anak.

Lagu-lagu ciptaannya dibuat terinspirasi berusul perilaku anak-anak. Sama dengan lagu berjudul Pelangi, yang berawal dari celotehan anaknya, Rika.

Detik ia mengantar Rika ke sekolah TK, di tengah pertualangan Rika berteriak “Pelangi”, sembari menunjuk ke langit. Bermula situlah muncul ide buat menciptakan lagu Pelangi.

Selain menciptakan lagu, ia sekali lagi gemar menulis. Dia tergabung dalam anggota tim penulis untuk kunci musik SPG Proyek Penyediaan Taktik Sekolah Hawa Hari ke-5.

Sendi nan ia tulis bersama timnya adalah Buku Nada 1, 2, 3, dan 4 untuk SPG. Kemudian dia juga menulis sosi bersama Bu Fat untuk siasat pelajaran musik yang berjudul Musik Sekolah Kami Belajar Seni Musik Aktif dan Berharta bakal Sekolah Dasar yang diterbitkan oleh Balai Pustaka perian 1994.

Salah satu lagu yang diciptakan oleh AT. Mahmud yaitu Aku Anak Indonesia. Lagu tersebut diciptakan lega awal dekade 60-an. Pada 2022 lagu tersebut dinyanyikan kembali maka itu Ruth Manurung nan berserikat dengan Terence.

Berikut lirik lagu Aku Momongan Indonesia karya AT. Mahmud

Aku anak Indonesia

Anak nan merdeka

Satu nusa satu bangsaku satu bahasaku

Indonesia Indonesia

Pending di khatulistiwa

Tanah Indonesia

Ribu pulaunya

Ragam sukunya

Satu jiwa raganya

Indonesia Indonesia

Aku bangga menjadi anak Indonesia.

(tirto.id –
Musik)

Kontributor: Chyntia Dyah Rahmadhani

Penulis: Chyntia Dyah Rahmadhani

Editor: Yandri Daniel Damaledo



Source: https://tirto.id/lirik-lagu-aku-anak-indonesia-dan-siapa-penciptanya-gmPi