Pada Hakikatnya Kebhinekaan Bangsa Indonesia

Berikut adalah soal ain cak bimbingan PPKn kelas X SMA materi Gertakan Terhadap Negara Dalam Bingkai Bhinneka Solo Ika lengkap dengan gerendel jawaban.


Soal Essay

  1. Pada hakikatnya Kebhinekaan nasion Indonesia ialah rahmat Allah SWT serentak merupakan sebuah potensi serempak tantangan untuk bangsa Indonesia. Jelaskan maksud pernyataan tersebut !
  2. Agresi satu negara yang mengancam kedaulatan suatu negara, keutuhan distrik, dan keselamatan segenap bangsa Indonesia mempunyai bentuk- rajah menginjak dari yang berskala paling ki akbar sampai dengan yang terendah. Jelaskan dan berikan contoh gambar agresi yang berskala minimum raksasa yang pernah dialami bangsa Indonesia !
  3. Intimidasi non-militer sreg hakikatnyadisebabkan oleh pengaruh negatif dari globalisasi. Jelaskan hubungan ancaman non militer dengan kontrol globalisasi !
  4. Plong hakikatnya gertakan dalam kebhinnekaan yang berdimensi strategi dan semenjak pecah intern daerah dapat berupa mobilisasi massa dan sparatisme. Jelaskan maksud pernyataan tersebut !
  5. Upaya mengatasi segala apa bentuk intimidasi yang datangnya dari luat mapun n domestik baik yang berdimensi militer dan non militer bisa dilakukan dengan menyatukan segenap potensi nan dimiliki negara. Jelaskan Stragegi yang boleh dilakukan internal menyelesaikan gertakan dibidang Ipoleksosbudhankam !

Kancing Jawaban

1.  Kebhinekaan yang terjadi di Indonesia merupakan sebuah potensi sekaligus tantangan. Dikatakan umpama sebuah potensi, karena peristiwa tersebut akan membuat nasion kita menjadi nasion yang besar dan memiliki harta benda yang melimpah baik perbendaharaan pataka maupun kekayaan budaya yang bisa menarik minat para wisatawan asing cak bagi mengunjungi Indonesia. Kebhinekaan nasion Indonesia pula merupakan sebuah tantangan bahkan intimidasi, karena dengan adanya kebhinekaan tersebut mudah menciptakan menjadikan penduduk Indonesia berbeda pendapat nan izin kendali, mudah tumbuhnya pikiran kedaerah yang amat sempit yang berbarengan bisa menjadi ledakan nan akan mengancam integrasi nasional atau persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karena semesta warga negara mesti mewaspadai segala rencana ancaman nan dapat berdahan belah nasion Indonesia dengan senantiasa mendukung barang apa upaya ataupun strategi pemerintah dalam mengatasi berbagai acaman tersebut.2.  Penyerbuan sreg dasarnya adalah bentuk agresi yang berskala paling besar dengan menggunakan kebaikan militer bersenjata yang dikerahkan cak bagi mengkritik dan menduduki kawasan Indonesia. Bangsa Indonesia pernah merasakan pahitnya diinvasi atau diserang oleh Belanda yang ingin kembali bertualang Indonesia sebanyak dua kali, yaitu 21 Juli 1947 dan 19 Desember 1948.3.  Ancaman non-militer puas hakikatnya gaham nan menggunakan faktor- faktor non-militer dinilai mempunyai kemampuan nan membahayakan otonomi negara, kepribadian bangsa, kesempurnaan distrik negara, dan keselamatan segenap bangsa. Ancaman ini riuk satunya disebabkan maka itu dominasi negatif dari kesejagatan. Kesejagatan yang menghilangkan tongkat panjang atau batas persaudaraan antar nasion secara disadari ataupun lain mutakadim memberikan dampak negatif nan kemudian menjadi ancaman bagi keutuhan sebuah negara, tertulis Indonesia. Ancaman non-militer diantaranya dapat berdimensi ideologi, politik, ekonomi dan sosial budaya.4.  Gertakan nan berdimensi strategi yang bersumber dari internal area dapat berupa penggunaan manfaat dan pengerahan komposit untuk menumbangkan satu tadbir yang berwajib, alias menggalang kekuatan politik untuk melemahkan kekuasaan pemerintah.

Selain itu, separatisme merupakan bentuk lain berpunca ancaman politik yang kulur di kerumahtanggaan daerah. Sebagai bagan gertakan politik, separatisme bisa dapat ditempuh melalui contoh perjuangan politik sonder senjata dan perjuangan bersenjata. Konseptual perjuangan tidak bersenjata majuh ditempuh bagi menggelandang simpati masyarakat jagat rat. Maka itu karena itu, separatisme susah dihadapi dengan menggunakan kekuatan militer. Keadaan ini membuktikan bahwa gaham di bidang kebijakan mempunyai tingkat resiko yang besar yang mengancam kemerdekaan, kesempurnaan, dan keselamatan nasion.5.  Kebijakan Mengendalikan ancaman IPOLEKSOSBUDHANKAM

  • Kebijakan yang dapat dilakukan dalam menghadapi ancaman dibidang ideologi dan garis haluan, yakni mengembangkan sistem demokratisasi, kebebasan, kejujuran dan milik asasi manusia
  • Dibidang ekonomi, sistem ekonomi kerakyatan adalah senjata weduk untuk melumpuhkan ancaman di bidang ekonomi dan mempersempit kemandirian nasion kita
  • Dalam menghadapi supremsi dari luar yang dapat membahayakan kelanjutan hidup sosial budaya, nasion Indonesia berusaha memiara kesamarataan dan keselarasan fundamental, yaitu keadilan antara manusia dengan jagat rat, manusia dengan masyarakat, orang dengan Allah, keseimbangan keberhasilan lahir dan kesejahteraan batin
  • Startegi pertahanan dan keamanan nasion Indonesia dalam mengatasi gertakan militer tertuang dalam Pasal 30 ayat (1) hingga ayat (5) UUD Negara Republik Indonesia Waktu 1945

Jakarta

Kebhinekaan
yang dimiliki nasion Indonesia adalah sebuah potensi spontan tantangan. Privat Gerendel Ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan karya Wahono dan Abdul Atsar, potensi kebhinekaan bangsa Indonesia yakni dapat mewujudkan nasion Indonesia sebagai nasion yang besar. Selain itu, kebhinekaan juga berpotensi mengandung kekayaan yang luber, baik alam maupun budaya yang menjujut minat wisatawan.

Hanya, tantangan kebhinekaan yaitu bisa menciptakan menjadikan penduduk Indonesia nan berbeda pendapat menjadi di luar kendali. Akhirnya, dapat bersemi pikiran atau perspektif yang sempit yang mengancam integrasi nasional atau persatuan bangsa.

Integrasi Kebangsaan

Integrasi kewarganegaraan seorang seperti disebutkan dalam e-modul Pendidikan dan Kewarganegaraan kelas X oleh Tim Bendung Direktorat Kurikulum-Kemdiknas RI, mempunyai signifikansi politis dan antropologis berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Secara politis, integrasi kewarganegaraan adalah penyatuan berbagai gerombolan budaya dan sosial ke kesatuan daerah nasional nan takhlik suatu identitas nasional. Secara antropologis, integrasi nasional merupakan proses penyesuaian unsur-unsur budaya nan berbeda sehingga menjejak keserasian faedah dalam kehidupan bermasyarakat.

Faktor Pembentuk Integrasi Nasional

Masih dari sumber yang sekelas, berikut ini faktor nan menunda tercapainya integrasi kewarganegaraan:

  • 1. Rasa senasib dan sependeritaan nan didorong faktor album
  • 2. Ideologi kewarganegaraan yang tercermin intern Garuda Pancasila dan
    Bhinneka
    Tunggal Ika
  • 3. Tekad dan kerinduan buat bersatu di dok bangsa Indonesia, sebagaimana yang disebutkan dalam Sumpah Jejaka
  • 4. Ancaman mulai sejak luar yang memicu spirit nasionalisme

Faktor Simpatisan Integrasi Nasional

  • 1. Pemakaian bahasa Indonesia
  • 2. Vitalitas persatuan dan kesatuan internal bangsa, bahasa, serta tanah air Indonesia
  • 3. Punya kepribadian dan pandangan hidup kebangsaan yang sebanding, yakni Pancasila
  • 4. Jiwa dan semangat gotong royong, rasa kesetiakawanan, dan ketabahan keyakinan nan lestari
  • 5. Rasa senasib sepenanggungan karena pernah mengalami penjajahan

Faktor yang Membendung Integrasi Kebangsaan

  • 1. Kurangnya rasa menghargai kemajemukan yang berkepribadian heterogen
  • 2. Kurang toleransi antargolongan
  • 3. Kesadaran terhadap ancaman asing yang rendah
  • 4. Ketidakpuasan atas ketimpangan dan ketidakmerataan hasil pembangunan.

Itulah potensi dan ancaman
kebhinekaan
bangsa Indonesia. Pelajari baik-baik ya!

Simak Video “PKN Seremonial Didaftarkan, Anas Urbaningrum Dapat Posisi Apa?

[Gambas:Video 20detik]
(cukuplah/twu)

Penjelasan:

Pada dasarnya “bhineka tunggal ika” merupakan rangka anugerah yang diberikan oleh Yang Maha Esa kepada Indonesia. Dimana Indonesia pun memiliki keberagaman berbunga berbagai aspek seperti mana ras, suku, agama, hingga bahasa. Perbedaan disini lah nan membuat kejadian tersebut menjadikannya satu tantangan sehingga kita sebagai manusia yang beradab dan menjunjung toleransi perlu memuliakan dan menghargai satu sama enggak.

Sekian bersumber saya, moga membantu

Pada hakikatnya Kebhinekaan bangsa Indonesia yakni kasih Allah SWT sekaligus yakni sebuah potensi sekaligus tantangan kerjakan bangsa Indonesia, Jelaskan maksud pernyataan tersebut ! berikut ini pembahasan dan penjelasannya.

Kebhinekaan penting keberagaman, bangsa Indonesia memiliki keberagaman masyarakat berusul suku, ras, bahasa, kebiasaan, agama dan lain sebagainya. Yang peristiwa tersbeut merupakan rahmat / berhak Tuhan Yang Maha Esa.

Nah, pertanyaannya itu maksudnya segala:

  1. keberagaman bagaikan potensi.
  2. keberagaman seumpama tantangan.

Plong hakikatnya Kebhinekaan nasion Indonesia yaitu rahmat Allah SWT sewaktu merupakan sebuah potensi sekaligus tantangan bagi bangsa Indonesia, Jelaskan maksud pernyataan tersebut !

Jawab:

Kebhinekaan / keberagaman nan terjadi di Indonesia merupakan sebuah potensi sekaligus tantangan:

  • Kebihnekaan perumpamaan sebuah
    potensi, karena hal tersebut akan membentuk bangsa kita menjadi bangsa nan samudra dan memiliki kekayaan yang melimpah baik kekayaan standard maupun khasanah budaya nan dapat menganjur minat para wisatawan luar untuk mengunjungi Indonesia, dan menyentak para investor bakal cangkok modalnya di Indonesia.
  • Kebhinekaan bangsa Indonesia juga yakni sebuah
    tantangan
    tambahan pula sebuah ancaman, karena dengan adanya kebhinekaan tersebut mudah takhlik penduduk Indonesia berbeda pendapat yang absolusi kendali, mudah tumbuhnya ingatan kedaerah yang amat sempit nan sewaktu-waktu boleh menjadi ledakan yang akan mengancam integrasi kewarganegaraan atau persatuan dan kesendirian bangsa. Oleh karena itu, segenap penduduk negara terlazim mewaspadai segala apa bentuk gaham nan dapat bersangkak belah bangsa Indonesia dengan senantiasa kontributif segala upaya atau strategi pemerintah intern memecahkan berbagai acaman tersebut.

Begitulah jawabannya lawan-tampin.
Pada belajar online kali ini, kata kuncinya adlaah kbhinekaan ataupun keberagaman.

Nah, sebagai potensi itu maksudnya menjadi kemustajaban / kemampuan yang bisa dikembangkan, yang bernilai nyata.

Sebaliknya, sebagai tantangan maksudnya, menjadi bentakan, mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

Hal ini sepantasnya disebutkan pada pekarangan 170:

Gerendel Jawaban

Puas hakikatnya Kebhinekaan bangsa Indonesia yakni kasih Allah SWT sekaligus ialah sebuah potensi simultan tantangan bagi bangsa Indonesia, Jelaskan maksud pernyataan tersebut

Berikut ini maksud kebhinekaan sebagai potensi dan pula tantangan: 🙋‍♂️💯👨‍🏫

Jawaban diverifikasi BENAR
💯

Source: https://lovelyristin.com/pada-hakikatnya-kebhinekaan-bangsa-indonesia-merupakan-rahmat-allah-swt-sekaligus-merupakan-sebuah-potensi-sekaligus-tantangan-bagi-bangsa-indonesia-jelaskan-maksud-pernyataan-tersebut