Pemerintah Pusat Dalam Arti Sempit Terdiri Dari

PEMERINTAH PUSAT

  • 17 June 2022

Pemerintah rahasia yaitu jasmani teratas yang memiliki dominasi memerintah dalam suatu negara. Dalam kemujaraban sempit, pemerintah pusat laksana pemegang kekuasaan eksekutif terdiri atas kepala negara, wakil kepala negara, dan nayaka negara. Kepala negara, wakil presiden, dan nayaka negara memiliki tugas, wewenang, dan kewajiban masing-masing.

  1. Kepala negara Dan Wakil Presiden

Presiden Republik Indonesia yakni pemegang pengaruh eksekutif di Indonesia. Artinya, presiden memegang kekuasaan untuk melaksanakan undang-undang. Seperti ditegaskan dalam pasal 4 ayat (1) Undang-Undang Pangkal Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bahwa Kepala negara Republik Indonesia menjawat dominasi pemerintahan menurut undang-undang sumber akar. Presiden Republik Indonesia berkedudukan sebagai kepala negara spontan perumpamaan pengarah pemerintahan. Umpama presiden, presiden merupakan simbol resmi negara Republik Indonesia di manjapada. Dalam menjalankan tugas bak kepala pemerintahan, presiden dibantu oleh seorang duta kepala negara dan nayaka negara begitu juga dijelaskan n domestik pasal 4 ayat (2) dan pasal 17 Undang- Undang Asal Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Kepala negara dan wakil presiden dipilih langsung oleh rakyat Indonesia menerobos penyaringan mahajana kepala negara dan konsul presiden. Masa jabatan kepala negara dan wakil presiden yakni panca tahun. Presiden dan wakil presiden terseleksi dilantik oleh MPR.

  1. Mentri Negara

Kementerian negara alias dikenal dengan kementerian ialah perangkat pemerintah yang membidangi urusan tertentu internal pemerintahan. Departemen negara berkedudukan di ibu kota negara, merupakan Jakarta. Presiden sekali lagi dapat mengangkat wakil menteri plong kementerian tertentu apabila terletak bahara kerja yang membutuhkan penanganan secara individual.Dalam kementerian negara, terdapat juga nayaka koordinator. Menteri organisator yakni menteri negara yang memiliki tugas pokok mengoordinasi penyiapan dan penyusunan kebijaksanaan serta pelaksanaan di bidang nan berada kerumahtanggaan tanggung jawabnya privat kegiatan pemerintahan negara. Indonesia n kepunyaan tiga menteri aktivis, yaitu menteri aktivis satah perekonomian, menteri organisator politik, hukum,dan keamanan, serta menteri koordinator bidang kedamaian rakyat.

  1. Mentri Adalah Pembantu Presiden

Kedudukan menteri negara dalam sistem pemerintahan Indonesia sepenuhnya perumpamaan ajun presiden. Artinya, menteri negara yang terpusat n domestik kabinet merupakan perpanjangan tangan presiden yang melaksanakan politik presiden. Oleh karena itu, kepala negara bertanggung jawab kepada masyarakat terhadap kejayaan kinerja pelaksanaan pemerintahan yang menjadi urusan nayaka negara tertentu. Menteri-menteri negara diangkat dan diberhentikan maka itu presiden. Pembentukan kabinet menteri kerumahtanggaan penyelenggaraan pemerintahan Indonesia merupakan hak privilese presiden. Artinya, presiden memiliki nasib baik munjung lakukan memilih menteri-menteri negara yang akan mendukung intern menjalankan tugas supremsi pemerintahan.


Sumber : Buku Sistem Kekuasaan By Amin Suprihatini

Source: https://bantuanhukum-sbm.com/artikel-pemerintah-pusat