Penambangan Bauksit Terbesar Dapat Kita Temukan Di

shutterstock 148481471 1024x667 - Negara Apa Penghasil Bauksit Terkemuka di Dunia?
Fasilitas penambangan bauksit di Queensland, Australia.

Bauksit adalah batuan bijih besi limonit lunak dengan penggalan tata letak besinya digantikan oleh aluminium. Bauksit terbentuk ketika silika keluar dari persil laterit.

Bauksit bukan menunjukkan komposisi tertentu melainkan belaka bermacam-varietas mineral persil liat, aluminium hidroksida, dan aluminium oksida hidro. Walaupun mineral nan tidak larut lagi adalah adegan dari komposisinya, adalah siderit, magnetit, kuarsa, goetit, dan hematit.

Sebagian besar ditemukan di iklim subtropis atau tropis basah, dan yaitu bahan sumber utama bakal industri produksi aluminium dunia . Sumber penting aluminium adalah bijih bohmit, diaspore, dan gibbsite. Ini memiliki struktur pisolitik dan warna coklat kemerahan, bersama dengan berat jenis invalid 2,0-2,5.

Daerah Penghasil Bauksit Utama

Ekstraksi Bijih Mineral

Bauksit merupakan salah suatu batuan yang ditemukan dalam jumlah besar di banyak negara terbit seluruh bumi.  Lebih-lebih, beberapa negara memiliki tandon Bauksit bertambah dari 100 tahun.

Batuan mudah diperoleh dengan penambangan terbuka. Peledakan maupun pengeboran digunakan untuk membuka saduran bauksit di bawah lapisan lahan atas, yang kemudian dipecah dan dimuat ke truk buat dihancurkan dan dicuci sebelum diangkut ke kilang alumina. Angka-angka berikut cak bagi output bauksit negara per negara mulai sejak dari hari 2022.

Australia

Pereka cipta bauksit nomor satu di marcapada detik ini adalah Australia dengan 81.000 metrik ton produksi bauksit setiap tahunnya. Itu sedang diekstraksi di lima lombong nan memasok sapta kilang nan memasok enam smelter, semuanya di Australia.

Cina

Nomor dua merupakan Cina dengan sekitar 47.000 metrik ton produksi bauksit saban tahun. Tandon bauksit China telah melandai dalam ukuran karena meningkatnya tuntutan bumi bikin aluminium dan produk sampingannya. China telah memutuskan bikin melelangkan bauksit dari India , Australia , dan Malaysia.

Brazil

Nomor tiga yakni Brasil dengan 32.500 metrik ton produksi bauksit per tahun. Brasil memiliki kilang alumina terbesar di bumi yang mendapat stok dari dua tambang di negara bagian Para. Ini memiliki cangklong pangkal tanah yang unik bagi mengangkut bauksit mentah ke kilang.

Guinea

Nomor empat adalah Guinea dengan produksi bauksit 19.300 metrik ton sendirisendiri tahun. Guinea konon memiliki sedimen bauksit terbesar di dunia. Walaupun Guinea tidak n kepunyaan kilang hingga saat ini, sehingga batu dikirim ke kilang Ukraina. Sahaja, semua tambang dimiliki makanya firma asing.

India

Nomor lima ialah India dengan 19.000 metrik ton produksi bauksit per perian. India memiliki tujuh negara bagian penghasil bauksit. Ini punya tujuh pabrik peleburan dan sembilan kilang lakukan aluminium.

Penggubah Bauksit Terkemuka Lainnya

Berikutnya Jamaika 9.800 metrik ton, Kazakhstan 5.500 metrik ton, Rusia 5.300 metrik ton, Suriname 32.700 metrik ton, dan Venezuela 2.200 metrik ton.

Cak bagi Apa Bauksit Digunakan?

Juru geologi Prancis Henri Rouvere menemukan bisikan Bauksit pada periode 1821 di Les Baux-de-Provence di  Prancis selatan.

Rouvere menegur penemuan batunya sesudah desa Les Baux. Saat ini, bauksit digunakan dalam banyak hal seperti mana bahan ilmu pisah berbasis aluminium, ferum aluminium, semen, bahan abrasif, dan incaran tahan api.

Mangsa kimia berbasis aluminium digunakan dalam deodoran dan kosmetik lainnya. Ini lagi digunakan di kemudahan pengolahan air limbah. Logam aluminium digunakan kerjakan mewujudkan benang besi listrik, raga mobil, kulit pesawat, tin bir, dan cangkang elektronik.

Objek tahan api digunakan privat kiln, tungku, boks api, dan perbaraan. Abrasive nan mengandung aluminium digunakan lakukan menggiling jamur karbon dan baja kelajuan jenjang. Ini sekali lagi digunakan dalam isolator listrik dan dagangan amplas.

Negara Penghasil Bauksit Terkemuka di Dunia

Peringkat Negara Produksi Bauksit (internal ribuan ton), 2022
1 Australia 81.000
2 Cina 47.000
3 Brazil 32.500
4 Guinea 19.300
5 India 19.000
6 Jamaika 9.800
7 Kazakstan 5.500
8 Rusia 5.300
9 Suriname 2.700
10 Venezuela 2.200

Source: https://www.kafekepo.com/negara-apa-penghasil-bauksit-terkemuka-di-dunia/