Perbedaan Kode Kww Dan Kwb

Apakah tampin – teman pernah melihat suka-suka kode IPxx yang terbentang di box pembungkus barang alias langsung terpasang di barangnya contoh seperti mana CCTV ?. Silam apakah lawan – teman pertautan berpikir barang apa arti berpangkal kode tersebut?. Kode tersebut yaitu sebuah penanda keamanan/proteksi sebuah benda/barang, nah pada arikel kali ini kita akan membahas pengertian dan arti masing – masing kode sehingga kita bisa membedakan kode-kode yang ada di CCTV.

Sebelumnya apakah kalian mengetahui apa arti pengenalan IP diawal ?. IP disini bukanlah “Internet Protocol” sreg system komputer/laptop. IP disini ialah singkatan dari “Inggress Protection” alias “International Protection”, pemakaian IP ini diikuti makanya 2 digit aksara tambahan dibelakangnya. Lalu segala guna kode tersebut ? kode IP yang tertera pada sebuah benda/barang/produk dimaksud untuk menandai kemampuan proteksi atau perawatan berbunga gangguan atau dampak terbit asing, benda/produk/produk yang sering memiliki kode perlindungan meliputi barang – komoditas elektronik/elektrik dan proyek.

Penentuan 2 digit dibelakang juga tidak dapat sembarangan, kode ini sudah lalu memiliki barometer alam semesta IEC 60529 sehingga setiap digit dibelakang memiliki arti spesial.

Menurut patokan internasional IEC 60529 ukuran IP rating seperti berikut :

IP – 6 8

– Digit purwa “6” adalah tingkat perlindungan benda terhadap objek yang timbrung kedalam benda tersebut, digit mula-mula pun   merepresentasi tingkat perlindungan terhadap benda padat.

– Digit kedua “8” adalah tingkat perlindungan terhadap benda cair yang masuk.

Berikut ini merupakan list kode yang didepan :

0 = Tak suka-suka perlindungan apapun terhadap campur tangan aliran elektrik
1 = Perlindungan terhadap benda berukuran besar dengan ukuran >50 mm, sebagaimana tangan anak adam
2 = Perlindungan terhadap benda berdosis madya semenjak benda sedang dengan ukuran >12,5 mm, sebagai halnya jari manusia
3 = Perlindungan terhadap benda berdimensi katai dengan format >2,5 mm, seperti drei, benang kuningan listrik deras
4 = Proteksi terhadap benda berukuran habis mungil dengan ukuran >1 mm, sama dengan sekrup, baut, kabel
5 = Penjagaan terhadap debu dan susunan sederum. Pada tingkatan ini masih suka-suka probabilitas bubuk dapat masuk, tapi diharapkan tidak merusak benda/dagangan

6 = Pemeliharaan secara kuantitas dan menyeluruh terhadap masuknya serdak dan konservasi besaran terhadap kontak serta merta.

Sementara berikut ini list kode belakang :

0 = Nol Water Ressist
1 = Pemeliharaan terhadap air yang menetes dan jatuh serta merta secara vertikal.
2 = Proteksi terhadap air yang menitis dan jatuh sinkron dari sebelah kemiringan 15°.
3 = Perlindungan terhadap siraman air yang merosot mulai sejak arah kemiringan 60°.
4 = Preservasi terhadap siraman air dari segala apa arah.
5 = Perlindungan terhadap air bertekanan abnormal dari segala arah, sebagai halnya air nan disemprot mulai sejak pipa air/jingkir.
6 = Perlindungan terhadap air bertekanan tinggi berpunca segala apa sisi, seperti air yang disemprot semenjak water jet.
7 = Perlindungan pangkal air (submerge) atau direndam air dengan kedalaman air dari 15cm hingga 1m.
8 = Perawatan radiks air (submerge) atau direndam air dengan kedalaman air hingga 2m.

Nah setelah mengetahui pengertian dan cara baca kode IP rating diatas kita bisa mengartikan kode yang terpasang plong sebuah radas/benda.

Lebih lanjut kita akan menjelaskan perbedaan IP rating CCTV dengan informasi diatas.

CCTV punya IP rating yang berbeda – selisih, maka wajib kita mengetahui arti berbunga IP rating tersebut sehingga disaat memilih perangkat CCTV seusai dengan kebutuhan dan kondisi tempat pemasangan.

CCTV dengan IP65 : boleh diartikan memiliki perawatan besaran/menyeluruh terhadap debu, kontak serta merta, dan air bertekanan rendah dari apa arah.

CCTV dengan IP66 : boleh diartikan memiliki perlindungan total/mondial terhadap abu, pertalian spontan, dan air bertekanan tinggi dari apa arah.

CCTV dengan IP67 : bisa diartikan punya konservasi besaran/menyeluruh terhadap debu, perhubungan serempak, dan sanggup terendam air dengan kedalaman 15cm sampai 1m.

CCTV dengan IP68 : dapat diartikan memiliki penjagaan jumlah/menyeluruh terhadap debu, kontak serentak, dan sanggup terendam air dengan kedalam hingga 2m.

Masa ini telah tau kan perbedaan kode – kode tersebut untuk komoditas CCTV, semakin tinggi kode IP rating sebuah CCTV semakin tinggi sekali lagi tingkat penjagaan/perawatan CCTV tersebut terhadap gangguan dari luar, tentu dibarengi dengan semakin mahal CCTV tersebut.

Sekian artikel kali  ini, agar bermanfaat lakukan teman – teman sekalian.

Sampai berjumpa juga di artikel berikutnya.

Jika teman – teman kepingin berkonsultasi masalah CCTV, berburu perabot CCTV yang memiliki IP rating strata, maupun mau instalasi pengisian CCTV dengan perangkat IP rating jenjang kami siap membantu. Bisa dengan menghubungi 085601380900/081232232329 atau melalui website cctvjogja.com.

Source: https://cctvjogja.com/perbedaan-kode-ip65-ip66-ip-67-ip-68-dalam-cctv/