Perbedaan Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan

Dahulu, ketika ingin ceramah, saya mendaftar di SNMPTN undangan. Nah, saya memilih dua jurusan dari dua sekolah tinggi berbeda. Yang satu jurusan Biologi, satu pun jurusan pendidikan Ilmu hayat.

Alasan purwa saya melembarkan jurusan tersebut jelas, karena saya memang ngebet banget dengan permukaan hobatan Ilmu hayat, hehehe. Alasan keduanya, karena sebenarnya saya nggak terlalu senggang perbedaan antara kedua jurusan tersebut. Saya doang mikir, di jurusan Biologi, saya bagi membiasakan aji-aji Biologi. Sementara di jurusan pendidikan Biologi, saya kerjakan sparing Biologi lagi, sekaligus mendapat aji-aji mengajar.
As simple as that.


Tapi ternyata nggak sesederhana itu, gaes!

Lega akhirnya, saya berkuliah di jurusan Biologi, yang merupakan jurusan ilmu nirmala. Momen kuliah, saya mendapatkan banyaaak sekali materi ceramah guna-guna Ilmu hayat. Mantra nan saya dapatkan komprehensif banget, deh, menginjak dari materi tentang sato, pokok kayu, ekologi, biosistematik, genetika, ilmu hayat molekuler, biologi perilaku, sampai mikrobiologi. Masing-masing dengan proyek dan laporan praktikumnya tiap-tiap.

Kebetulan kampus saya nggak memerintahkan mahasiswanya untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN), melainkan saja Kerja Praktek alias magang. Dulu saya magang di Aula Perbenihan Tanaman Hutan, di mana saya belajar tahapan-tahapan dalam memperoleh bibit pokok kayu pangan, sampai cara menanamnya. Kemampuan yang saya pelajari tersebut bisa membantu saya mengerjakan tugas penutup nanti.

Bicara tanya tugas akhir, jurusan Biologi murni punya dua bentuk utama dalam menggarap tugas penutup—eksperimen, atau pengamatan di pelan. Kebetulan saya memintal untuk mengerjakan eksperimen makmal, menggotong topik mengenai fusi nan dapat menghambat perkecambahan kedelai. Perlu beliau catat, lulusan jurusan Biologi ceria memang ditekankan untuk menghasilkan penyelidikan-penelitian Biologi yang berkualitas.


Nah, gimana dengan jurusan pendidikan Biologi?

Kebetulan saya punya musuh alumni pendidikan Biologi, bernama Kak Nunik. Kak Nunik ialah lulusan jurusan Pendidikan Biologi UPI Bandung, dan kekeluargaan mengajar di sebuah SMA swasta di Bandung, serta bimbingan belajar di Depok.

Menurut kak Nunik, di jurusan Pendidikan Biologi, skala netra kuliah Ilmu hayat dengan mata pidato pendidikan yaitu 1:4. Artinya, jumlah mata kuliah pendidikan 4 kali kian banyak dibandingkan mata kuliah ilmu Ilmu hayat. Netra syarah pendidikan yang didapat, misalnya, kapita selekta, kurikulum pembelajaran, dan media penelaahan.

Karena mahasiswa jurusan pendidikan lebih banyak mendapat habuan indra penglihatan kuliah pendidikan, faali terserah bilang alat penglihatan kuliah Biologi yang tidak mereka dapat. Ada juga mata orasi yang wajib buat mahasiswa Biologi, tetapi nggak wajib untuk mahasiswa pendidikan Ilmu hayat, contohnya, mata ceramah entomologi (ilmu akan halnya insekta).

Trus, jika di kampus saya, magang disebut sebagai Kerja Praktek. Sementara di kampus Kak Nunik, magang disebut bak Praktek Kerja Lapangan (PKL). Seorang mahasiswa pendidikan biasanya musti melakukan PKL di sekolahan. Momen itu Kak Nunik praktek mengajar di SMAN 14, Bandung.

Sementara untuk urusan skripsi, menurut Kak Nunik, skripsi mahasiswa pendidikan harus makin menggarisbawahi jihat pendidikannya dibandingkan hobatan Biologinya. Umpama contoh, habis Kak Nunik meneliti efektivitas metode pengajaran melangkahi praktikum gerombolan dan mandiri. Biar serupa itu, kesadaran mahasiswa pendidikan harus sederajat terhadap ilmu pendidikan dan jurusannya, karena saat sidang skripsi, mereka pula diuji selingkung konsep-konsep biologi.

***

See? Ternyata jurusan mantra nirmala dengan jurusan pendidikan itu bedanya cukup segara, karena kejaran atau capaiannya juga tikai. Jurusan ilmu kudus maupun pendidikan sama-sama oke, kok, nan penting jangan sampai kecemplung maupun keseleo jurusan ya, gaes!

(sumber gambar: jamesyang.com,
new.trinity.edi, wikihow.com)

Source: https://rencanamu.id/post/jurusan-dan-perkuliahan/apa-sih-bedanya-jurusan-ilmu-murni-dan-jurusan-pendidikan