Hallo semuanya, sudah baca postingan saya sebelumnya belum? Berjudul “Saya Pun Menggambar”




Jika belum, saya sarankan untuk membacanya terlebih dahulu. Karena tulisan saya mungkin ini akan membincangkan perturutan bersumber coretan saya sebelumnya, yaitu jawaban pecah 10 pertanyaan yang paling buruk perut sekali di tanyakan akan halnya hidroponik.







Baiklah langsung sahaja kita telaah. Ini dia..








Pertama, Apa itu hidroponik?







Hidroponik berasal berbunga 2 kata yaitu Hidro yang artinya air, dan ponos yang artinya daya. Makara secara singkat hidroponik adalah memberdayakan air, atau kian lengkapnya sistem budidaya tanaman menggunakan air tanpa media tanah.





Namun kalau terjadi kesalahan penulisan begitu juga Hidrophonik maka artinya akan menjadi berbeda. Hidro artinya air, sedangkan phonos artinya suara. Tentu artinya menjadi kritik air, sangat berbeda centung? Kaprikornus bantu hindari interpolasi H setelah hurup P. Kalau kata Pak Yos
“Ngilu mendengarnya!”
(dalam rahasia 100 Kiat Sukses Hidroponik) hahahaa.






Baiklah, saya rasa cukup sebagai halnya itu saja jawabannya. Next..












Kedua, Bagaimana kaidah pokok kayu dapat usia dengan sistem hidroponik?







Ini adalah soal yang paling sering saya dapatkan berbunga para tetangga yang mengintai instalasi hidroponik saya di rumah, pula para teman yang DM setelah meluluk postingan saya di instagram atau insta story. Namun rata-rata hanya saya jawab singkat atau seadanya yang membuat mereka mengerti, namun disini saya akan menjawab sesuai dengan segala yang saya tau.





Kaprikornus seperti ini, pohon itu dapat arwah karena adanya zat makanan, air, oksigen, matahari dan hawa. Kelima onderdil tersebutlah nan membentuk pokok kayu hidroponik pun tubuh dengan berlambak, hanya saja nutrisi yang didapat berpunca unsur hara lahan dan pupuk digantikan dengan cairan nutrisi AB Mix.





Sederajat seperti pohon di tanah, apabila kelima komponen tersebut lain terpenuhi maka tumbuhan akan mengalami gejala tertentu. Sebagai halnya bertaruk kecil, pertumbuhan yang lambar, terlalu mersik, berdaun kuning, dan lain sebagainya.









(Se


benarnya



ada suatu pun yang juga berpengaruh, yaitu benih nan berkualitas. Apabila kualitas benihnya terbatas baik, dengan cara tanam apapun tanaman tersebut akan bertunas kurang baik. Tapi kebanyakan petani sudah tau mana benih nan berkualitas baik dan sedikit baik)















Ketiga, segala apa perbedaan menanam dengan pendirian hidroponik dan lumrah?







Untuk menjawab ini saya akan menjabarkannya melalui table perimbangan versi saya sendiri:




Perbedaannya




Konfenvional (Tanah)




Hidroponik (Air)




Lahan



      Harus memiliki petak yang luas, tergantung seberapa banyak tumbuhan yang akan di tanam


      Lain terbatas petak, karena hidroponik menggunakan instalasi yang fleksibel



     Penggunaan Air



      Harus disiram setiap masa, lebih-lebih jika cuaca lalu panas baiknya disiram 2x sehari. Hal itu menyebabkan pemborosan pada penggunaan air


      Cukup dengan air nan dicampur dengan larutan nutrisi sesuai dengan PPM dan PH nan di butuhkan, dan penambahan kembali saat tanaman sudah lalu bertambah besar



     Rabuk tanaman



      Penggunaan pupuk kandang atau kompos yang dilakukan sebelum tanam atau detik tanam


      Cair AB Mix sudah tercampur dengan air dan penambahannya dilakukan sekiranya dibutuhkan



Peladang



      Mencangkul, bertatap dengan tanah, menyiram pohon


      Menjernihkan instalasi, menyikut PPM dan PH sesuai kebutuhan tanaman



     Kualitas pokok kayu saat berubah hari



      Saat musim hujan abu lahan pertanian dapat air sebak, saat hari erotis tanah pertanian boleh mengalami kekeringan


      Jika punya greenhouse maka aman saat hujan abu, dan saat waktu panas cukup ditutupi insect jaring/ paranet sekiranya sesak terik



Hari panen



      Relatif lebih lama (Contoh : Bancet terbatas lebih 25 hari)


      Relatif kian cepat (Contoh : Kangkung sedikit lebih 15 hari)



Hama



      Kian banyak, dikarenakan daun dan persil yang basah boleh menyebabkan hama tumbuh dan berkembang


      Lebih sedikit, dan mudah untuk diatasinya



Biaya



      Rendah



      Sedikit lebih mahal


Terlepas dari perbedaan tersebut, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun dengan adanya teknologi dan juga zaman nan berkembang, bukan situasi nan mustahil sekiranya pertanian hidroponik bisa menggantikan pertanian konvensional dimasa yang akan hinggap. Pasalnya, alih fungsi persil pertanian menjadi area perumahan dan prasarana terus tetapi terjadi seiring bertambahnya jumlah penduduk.





Padahal seluruh warga selain membutuhkan panggung adv amat pula membutuhkan bahan alas setiap harinya. Mengaram petak perkebunan nan semakin sedikit, lamanya waktu panen, juga penggunaan pestisida, menciptakan menjadikan hidroponik menjadi cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan pangan penduduk. Ditambah lagi banyak yang menilai bahwa pertanian hidroponik bertambah sehat dan higienis, karena bebas pestisida dan juga memiliki media tanam nan bersih.









Keempat, bagaimana caranya menanam menunggangi hidroponik?

   Dimulai pecah penyemaian sperma setakat menjadi ekstrak siap tanam, kemudian dipindahkan ke instalasi hidroponik dengan PPM (Part Masing-masing Milion) dan PH (Keasaman Air) yang dibutuhkan, dan tanaman siap panen saat sudah akil balig.




Penyemaian sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara:

  1.       Meletakkan mani privat rockwool yang basah, sampai semenjak benih kemudian diperkenalkan pada matahari. Kemudian menjaga kelembaban rockwool sampai bibit tumbuh hingga daun ke 3 dan ke 4, barulah bibit siap pindah tanam kedalam instalasi hidroponik yang terdapat larutan air nutrisi.
  2.       Membibit boleh sekali lagi dengan cara meletakkan benih kedalam campuran cocopeat dan sekam bakar, tunggu hingga pecah benih dan menjadi konsentrat berdaun 3 atau 4 kemudian siap mengimbit tanam.
  3.       Pada tanaman kangkung juga banyak nan mencoba menyemai benih menggunakan gudu-gudu paralon kecil nan di aliri air, sehingga benih kangkung tetap terserah didalam pipa sejak semen sebatas menjadi bibit siap tanam.





Momen menjadi benih (berbentuk poin) dapat disimpan hingga berbulan-bulan tersampir jenis dan kualitas benihnya, belaka ketika basah maka benih akan mulai sejak dan mengeluarkan tunas cikal bakal akar tanaman. Untuk membuat bibit bertunas dengan baik diperlukannya media tanam, seperti rockwoll, coopeat, sekam bakar, persil dan lain sebagainya.

Mani yang baru saja pecah

Momen benih tiba menunjukkan dua daun, itu adalah simpanan makanannya. Lega proses semaian berlangsung tidak mesti diberikan larutan gizi, memadai dengan air sumur saja. Saat mulai bertunas daun ke 3 dan ke 4 alias yang biasa disebut daun sejati, barulah ekstrak siap bakal pindah tanam.







Momen pindah tanam berlangsung rockwool akan di letakkan dalam netpot dan diletakkan privat instalasi hidroponik, apabila jarak rockwoll dengan air nutrisi terlalu jauh maka harus menunggangi kain flanel sebagai pengantar air. Ada juga yang menggunakan beling plastik medan yang dilubangi perumpamaan pengganti netpot (antara cak hendak memanfaatkan sampah plastik, atau memang cak hendak lebih hemat yaa hahahaa).

Semaian usia 2 tahun di rockwool
Pati nan start bertunas daun zakiah





Intern instalasi hidroponik yang siap digunakan sudah terdapat fusi air dan larutan nutrisi AB Mix, rata-rata perbandingan 5 ml cairan A : 5 ml larutan B : 1 liter air. Namun kembali bisa disesuaikan dengan PPM yang diinginkan, cara menentukannya dengan alat bernama TDS meter. Biasanya tanaman nan bau kencur pindah tanam PPM yang dibutuhkan masih sedikit sekitar 500 PPM, namun jika pokok kayu sudan besar harus ditambahkan nutrisinya menjadi 1000-1500 PPM.





Setiap pokok kayu mempunyai tahun panen yang farik, menginjak dari 2 minggu setakat hampir sebulan untuk tanaman sayur. Berbeda lagi dengan pohon buah dan bunga. Pertumbuhan pokok kayu dipengaruhi oleh larutan nutrisi yang cukup, syamsu yang cukup, oksigen terlarut nan maksimal, dan temperatur air nan harus besar perut dingin.














Kelima, Apa untung dan ruginya menanam hidroponik?







Keuntungannya tentu lebih banyak : Bukan membutuhkan persil yang luas, tidak tergerak makanya perian, waktu panen yang cepat, perawatan yang mudah, enggak kotor, bisa ditanami secara terus menerus.





Kerugiannya : Modal tadinya pembuatan instalasi yang mahal, harus demap menggunakan setrum (jika memperalat NFT), bahan-bahan hidroponik yang hanya dijual di toko-toko tertentu.














Keenam, terserah berapa tipe teknik hidroponik?

6 Teknik Hidroponik


  1. Wick System
    : Ini merupakan cara yang paling sederhana, sepan membutuhkan sebuah wadah buat air zat makanan dan tutupnya dilubangi untuk tempat netpot (atau bisa menggunakan styrofoam sebagai tutupnya).



  2. Ebb&Flow System ataupun nan biasa di sebut Dutch Bucket System
    : Biasa di gunakan untuk sayuran biji pelir sebagai halnya tomat, cabai, terong. Sejadi juga bakal pohon biji kemaluan seperti mana melon, mendikai, anggur.




  3. NFT (Nutrient Bioskop Technique) System
    : Paling besar perut digunakna untuk tumbuhan sayur, karena distribusi air yang sangat tipis seperti mana film bakir memberikan oksigen pada pohon sehingga pertumbuhan tanaman dapat lebih cepat.



  4. Aeroponik System
    : Teknik mengetanahkan dengan air nutrisi nan disempotkan pada akar yang menggantung dalam beberapa menit sekali, sehingga akar sambil mendapatkan nutrisi simultan oksigen. Kerennn, tapi agak sulit ya. Ga kebayang kalau listrik hening pasti akarnya tandus.




  5. Drip System maupun tetes air
    : Biasanya untuk tanaman sayur buah dan buah-buahan nan menggunakan media padat, kemudian air zat makanan diberikan kerumahtanggaan bentuk tetesan air secara terus menerus.




  6. Water Culture System atau Rakit Apung
    : Prinsip simple menguburkan banyak tanaman sonder perlu panik kesuntukan air nutrisi, hanya membutuhkan wadah raksasa yang mandraguna nutrisi kemudian pohon akan mengapung di atasnya dengan sambung tangan styrofoam. Biasanya pada permukaan wadah diberikan pompa angin seumpama pemberi oksigen.




  7. DFT (Deep Flow Technique)
    : Sama seperti mana NFT doang cuma kalau DFT air zat makanan menggenang hingga setengan instalasi hidroponik, doang tetap mengalir seperti NFT.




  8. Akuaponik maupun gabungan bermula Akuakultur dan Hidroponik
    : Pemberkasan tersebut merupakan afiliasi dari perikanan dan pertanian secara hidroponik, dimana air yang terdapat lauk akan mengalir sebagai nutrisi tanaman dan akan mengalir kembali kerjakan pertumbuhan ikan.












Ketujuh, bagaimana kaidah mewujudkan instalasi hidroponik?







Mohon abolisi sekali karena saya belum memiliki cukup foto bikin proses pembuatan instalasi hidroponik, cak hendak ambil foto orang tegak di omelin hahahaa. Next ya nanti saya buat proses pembuatannya dan akan saya tulis dengan judul
“Cara Membuat Instalasi Hidroponik”. Takdirnya ingin coba buat silahkan searching di google, atau youtube. Tentu banyak nan menguraikan cara pembuatannya hehee.















Kedelapan, barang apa sekadar kandungan nutrisi pada AB Mix?













Sejujurnya saya tidak mencerna secara detail tentang alat pencernaan yang terdapat internal nutrisi AB Mix, maupun nutrisi yang dibutuhkan sreg tanaman. Karena memang saya lulusan IPS dan belum pernah juga mempelajari adapun hal itu (Pembelaan), namun sungguhpun saya belum mempelajari mengenai nutrisi sedalam itu saya akan menuliskan apa yang ditulis oleh IR. Yos Sutioso kerumahtanggaan bukunya 100 Kiat Sukses Hidroponik halaman 58.





Komposisi pupuk A-B mix hidroponik terdiri atas unsur-unsur esensial makro N, P, K, Ca, Mg, S, dan esensial mikro Fe, Mn, Cu, Zn, B, Mo.














Kesembilan, tanaman apa hanya yang bisa bertunas dengan sistem hidroponik?




  • Sayur daun seperti kangkung, bayam, salada, pakcoy, kale, pagoda, sawi, dll.
  • Sayur buah sebagai halnya tomat, lada, timun, terong.
  • Sayuran bangkai seperti seledri, daun bawang.
  • Sayuran kubis seperti kembang kubis, brokoli.
  • Buah-buahan seperti anggur, melon, semangka, stoberi.
  • Umbi seperti mana ubi benggala, wortel, bawang.
  • Tanaman pembeli/herbal seperti kumis kucing, daun dewa, patera mint, ketumbar.
  • Bunga seperti anggrek, krisan, mawar sampai dengan edible flower (bunga nan boleh di makan).

Bahkan saya juga koalisi membaca artikel yang mengatakan pernah terserah anak adam mencoba menanam pohon kelapa dan pohon jambu dengan sistem hidroponik lohh, tentu hanya wahana tanam dan tekniknya disesuaikan. Kerenn yaa..








Kesepuluh, Apa cuma hambatan dan solusi yang terjadi dalam hidroponik?




Ada 4 hal kendala yang paling kecil sering di alami, merupakan biaya pembuatan instalasi yang terbilang mahal, teknik dan preservasi nan rumit, belanja keperluan hidroponik kira elusif, dan lain ada lahan bikin instalasi hidroponik.



Solusinya cukup mudah, jika terganjal dengan modal yang mahal kalian dapat memulainya dengan membuat sistem Wick terlebih dahulu. Bisa memperalat ibarat tak terpakai, botol plastik matra 1 liter, dirigen 5 liter tamatan, perantara hujan, pipa gelanggang atau bahkan toples tidak terpakai. Cari wadah yang lain dapat tembus binar mahari, kalian bisa mengecatnya atau menutupinya dengan plastik kresek hitam.





Lebih lanjut buat lubang diatasnya cak bagi netpot, kalian bisa memanfaatkan gelas plastik bekas sebagai penggantinya. Dengan begini kalian belaka wajib membeli larutan nutrisi, rockwool dan jauhar sahaja kan hehee. Atau seandainya sekedar ingin mencoba kalian bisa menanam bongkok di baskom dengan bak jaring-ambai bagaikan alat angkut tanamnya.


Intinya adalah, selama kita ingin untuk berusaha dengan serius. Akan suka-suka jalannya buat menjejak hasil yang kita inginkan, kalaupun tidak sesuai seperti ekspektasi ya lain apa-apa, yang terpenting sudah mencoba. Saat kita menemui suatu frustasi maka kita tidak akan gagal lagi untuk hal itu, sekadar jika masih banyak gagal itu artinya memang banyak yang harus dipelajari. Semakin banyak hal yang kita pelajari, maka semakin lautan hasil yang akan kita dapat. (Super sekaliii… Prokk.. Prokk.. Prokkk)


Hmm, kayanya harus sering foto dan buat video yaaa bak cerminan prosesnya. Doakan sahaja ya semoga saya rajin nulis dan upload progress pertumbuhan hidroponik saya hehehee. Jangan lupa kembali tinggalkan jejakmu di kolom komentar, baik itu kritik karena tulisan saya yang kurang jelas ini maupun saran untuk memperbaikinya.


Kata penutup saya ucapkan terimakasih untuk kalian semua yang sudah lalu mengaji ini, jangan tengung-tenging follow instagram saya @hidroponik.ila untuk mendapatkan urut-urutan sekeliling hidroponik versi saya hahahaa. Sampai jumpa lagi semuanya.