Qs Ali Imran Ayat 160

إِنْ يَنْصُرْكُمُ اللَّهُ فَلَا غَالِبَ لَكُمْ ۖ وَإِنْ يَخْذُلْكُمْ فَمَنْ ذَا الَّذِي يَنْصُرُكُمْ مِنْ بَعْدِهِ ۗ وَعَلَى اللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ


Jika Sang pencipta menolong beliau, maka tak yaitu orang yang boleh mengalahkan kamu; jika Almalik membiarkan engkau (tidak memberi sambung tangan), maka siapakah gerangan nan dapat menolong kamu (selain) pecah Sang pencipta sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Halikuljabbar saja insan-cucu adam mukmin bertawakkal.

Ingin lambung berpunya dengan berkah?
Ketahui rahasianya dengan Klik disini!

(Jika Allah menolong kamu) terhadap musuhmu sebagai halnya di perang Badar (maka tak ada orang yang akan mengalahkan kamu, sebaliknya jika Kamu mengikhlaskan anda) tanpa memberikan uluran tangan sebagai halnya waktu perang Uhud (maka siapakah lagi nan dapat menolongmu setelah itu) artinya sesudah kekalahan itu, maksudnya tak ada lagi. (Sekadar kepada Allahlah) bukan kepada tidak-Nya (khalayak-orang beriman itu harus bertawakal). Ayat berikut ini diturunkan detik hilangnya separuh permadani abang di waktu perang Uhud lalu sebagian orang mengatakan kelihatannya Nabilah yang mengambilnya:

Bila Yang mahakuasa membantu kalian dengan pertolongan-Nya, seperti yang terjadi dalam perang Badar, lain akan ada yang boleh mengecundang kalian. Dan apabila Anda menyeret pertolongan-Nya dari kamu semua, karena enggak menyiagakan syarat-syarat kemenangan, sama dengan yang terjadi sreg perang Uhud, maka enggak akan ada juru selamat bagi kamu semua. Hanya kepada Allahlah orang-orang Mukmin boleh bersandar dan menyerahkan urusan.

Anda harus

untuk dapat menambahkan kata tambahan

Admin

Submit :

2022-04-01 02:13:31
Link sumber:

http://tafsir.web.id/

Ketika menghadapi musuhmu, seperti dalam Perang Badar.

Biarpun semua musuh berkumpul dengan jumlah yang raksasa lengkap dengan persenjataan.

Memberikan ia kepada dirimu sendiri.

Ialah tidak ada lagi penolong bagimu. Intern ayat ini terletak perintah menanyakan pertolongan kepada Allah, bersandar kepada-Nya dan berlepas diri semenjak kekuatan dan kemampuan dirinya.

Source: https://tafsirq.com/3-ali-imran/ayat-160