Renungan Kejadian 4 1 16

Referensi:
Mantan 15:1-21

Teks Setahun:
Narasi Para Utusan tuhan 4-6

Nas:
“Almalik itu pahlawan perang; Halikuljabbar, itulah tera-Nya.” (Mantan 15:3)


Allah, Si Pahlawan Perang

Kisah penenggelaman besar-total nan Allah perbuat terhadap Firaun dan segenap pasukan kereta berkudanya di Laut Teberau menjadi keseleo satu kisahan paling luar lazim yang tercatat dalam Alkitab. Kita kembali tentunya sudah lain luar dengan cerita itu, karena sejak Sekolah Minggu telah kerap mendengarnya. Namun, mencermati nyanyian kejayaan yang mereka lantunkan seketika setelah mengalami perbuatan Allah nan ajaib itu, suka-suka kata majemuk yang menarik ingatan saya ketika disebutkan: Almalik itu pahlawan perang!

Bukan jebah rasanya jika sebutan “pahlawan perang” itu unjuk, melihat betapa asing lazimnya camar duka bangsa Israel, yang dari dari tersibaknya air laut dan menyisakan bagian yang sangar untuk dilalui nasion Israel. Setelah itu, mereka mengintai secara serempak air laut sekali lagi dan mencampakkan Firaun dan pasukannya, minus ada satu pun nan selamat! Peristiwa nan membuktikan bahwa Halikuljabbar sendirilah yang memimpin dan memenangkan persangkalan itu bakal umat seleksian-Nya … karena hanya Allah yang bisa melakukan hal yang sedemikian itu!

Tahun ini kita tentu tetapi tak mengalami pertentangan secara fisik, tetapi internal roh ini ada banyak “perang” yang teradat dimenangkan, baik atas kebobrokan, problem yang boleh mengancam nyawa, atau pergumulan yang akan mendatangkan dampak fatal jikalau gagal kita menangkan. Jika Anda sedang mengalaminya, jangan bermuram durja karena “Sang Pahlawan Perang” itu siap menolong Anda. Berserulah kepada-Nya dan biarkanlah Dia memimpin dan memenangkan pertampikan itu bagi Anda. –GHJ/www.renunganharian.net

* * *
PERANG YANG DIPIMPIN OLEH MANUSIA BISA SAJA KALAH, Tetapi Acaram
Kesuksesan ADA Saat Almalik SENDIRI YANG Kutat Untuk KITA.

* * *
Dilarang mengutip atau melipatkan materi Renungan Harian tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)
Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah beruntung dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.cakrawala. YAY GLORIA

Urun pendapat renungan ini di Facebook:

https://www.facebook.com/groups/renungan.surat kabar/

Ayat Alkitab:
Lulusan 15:1-21

Nyanyian Musa dan Israel

15:1
Pada hari itu Musa sinkron dengan individu Israel menyanyikan nyanyian ini bagi TUHAN yang berbunyi: “Baiklah aku menyanyi bagi TUHAN, sebab Ia tinggi mulia, jaran dan penunggangnya dilemparkan-Nya ke dalam laut.

15:2
TUHAN itu kekuatanku dan mazmurku, Dia telah menjadi keselamatanku. Engkau Allahku, kupuji Dia, Beliau Sang pencipta bapaku, kuluhurkan Dia.

15:3
Halikuljabbar itu pahlawan perang; Tuhan, itulah nama-Nya.

15:4
Kereta Firaun dan pasukannya dibuang-Nya ke privat laut; para perwiranya yang pilihan dibenamkan ke n domestik Laut Teberau.

15:5
Samudera raya meliputi mereka; ke air nan n domestik mereka tenggelam begitu juga batu.

15:6
Tangan kanan-Mu, Almalik, luhur karena kekuasaan-Mu, tangan kanan-Mu, TUHAN, menghancurkan musuh.

15:7
Dengan keluhuran-Mu yang besar Kamu meruntuhkan bisa jadi nan bangkit mengarah Engkau; Engkau melepaskan api murka-Mu, yang gado mereka sebagai duaja gandum.

15:8
Karena nafas indra-Mu segala air naik bertimbun-timbun; segala perputaran menggermang kabur sebagaimana tebat; air sebak membeku di paruh-tengah laut.

15:9
Perkenalan awal kebalikan: Aku akan mengejar, akan mencapai mereka, akan membagi-cak bagi jarahan; nafsuku akan kulampiaskan kepada mereka, akan kuhunus pedangku; tanganku akan menghapuskan mereka!

15:10
Sira meniup dengan taufan-Mu, lautpun menutupi mereka; seumpama rejasa mereka tergenang kerumahtanggaan air yang hebat.

15:11
Siapakah yang seperti Anda, di antara para halikuljabbar, ya TUHAN; siapakah sebagai halnya Engkau, mulia karena kekudusan-Mu, menakutkan karena ragam-Mu yang widita, Engkau pembuat kekaguman?

15:12
Engkau menjengukkan pengapit-Mu; bumipun menelan mereka.

15:13
Dengan kasih loyal-Mu Kamu menuntun umat nan sudah Kautebus; dengan kemujaraban-Mu Kamu membimbingnya ke tempat kediaman-Mu yang ikhlas.

15:14
Bangsa-nasion mendengarnya, merekapun menggigil; kegentaran menjangkiti penghuni tanah Filistin.

15:15
Pada masa itu gemparlah para kepala kaum di Edom, kedahsyatan menghinggapi hamba allah-anak adam berwajib di Moab; semua penduduk kapling Kanaan geletar.

15:16
Berdiri dan takut menimpa mereka, karena kebesaran tangan-Mu mereka preskriptif seperti batu, sampai umat-Mu menyeberang, ya TUHAN, hingga umat yang Kauperoleh menyeberang.

15:17
Ia mengapalkan mereka dan Kaucangkokkan mereka di atas gunung milik-Mu sendiri; di tempat nan sudah lalu Kaubuat kediaman-Mu, ya TUHAN; di palagan kudus, nan didirikan tangan-Mu, ya TUHAN.

15:18
Sang pencipta memerintah kekal selama-lamanya.”

15:19
Ketika jaran Firaun dengan keretanya dan orangnya yang berkuda telah masuk ke laut, maka TUHAN membuat air laut berbalik meliputi mereka, cuma orang Israel bepergian di tempat kering dari perdua-tengah laut.

15:20
Lalu Miryam, nabiah itu, tembuni nona Harun, mengambil gendang di tangannya, dan tampillah semua putri mengikutinya memukul rebana serta bergendang.

15:21
Dan menyanyilah Miryam memelopori mereka: “Menyanyilah bagi TUHAN, sebab Ia tinggi indah; kuda dan penunggangnya dilemparkan-Nya ke dalam laut.”

Source: https://alkitab.mobi/renungan/rh/