Sebutkan 6 Tema Dalam Karya Seni Rupa

Ilustrasi karya seni rupa tiga dimensi. Sumur: Flickr.com




Seni


rupa tiga dimensi ialah karya seni yang memiliki tiga molekul, yaitu panjang, bogok, dan tinggi. Contoh karya seni rupa tiga dimensi merupakan seni patung, seni arsitektur, seni kriya/kerajinan, seni keramik, dan instalasi.


Di setiap karya seni tentu ada tema yang mewakilinya. Terlebih sebelum karya seni tersebut dibuat, tema adalah hal pokok yang harus ditentukan lebih-lebih dahulu oleh artis. Dikutip dari buku


Pendidikan Seni rupa kelas 3 SMP


oleh Yoyok RM,


pengertian


tema dalam karya seni rupa tiga ukuran adalah gagasan, ide, atau isi yang terkandung di dalamnya.


Jika seseorang bisa memahami tema dalam karya seni rupa, ia akan mengetahui tujuan diciptakannya karya tersebut. Dan sebagai produk budaya, tema karya seni rupa tiga dimensi tidak bisa pemaafan pecah pengaruh sekitar.


Tema yang dipilih tentu saja akan terpengaruh puas waktu dan situasi ketika karya diciptakan. Sebab, inspirasi para seniman umumnya mulai sejak dari kondisi masyarakat dan situasi sekitar.




Tema


seni rupa ada bermacam-keberagaman, mulai dari tema keagamaan, sosial, manusiawi, mayapada, binatang, alam, perlawanan, peperangan, goyang pinggul, manjapada anak asuh, dan sebagainya.

Ilustrasi seni rupa tiga dimensi dengan arti pakai. Sumur: Freepik.com


Kemustajaban Seni Rupa Tiga Dimensi


Berdasarkan fungsinya, karya seni rupa tiga dimensi dapat dibedakan menjadi dua macam. Pertama, karya yang memiliki kelebihan pakai (seni rupa terapan/

applied art

) sebagaimana meja geta ukir, lemari ukir, ataupun dekorasi manten. Lalu, karya yang memiliki fungsi sekedar ekspresi saja (seni rupa putih/

pure art

) sebagai halnya karya seni patung, gerabah, dan sebagainya.


Karya seni rupa tiga matra perumpamaan benda pakai memiliki


kemustajaban


praktis karena dibuat dengan mempertimbangkan kegunaannya. Sedangkan karya seni rupa tiga dimensi ibarat benda paesan memiliki keefektifan aestetis dengan mempertimbangkan kinerja dan keindahannya.



Ideal seni rupa tiga dimensi



Mengutip buku


Tanah liat polos Tangor


oleh Ferry Abdul Jaham, keramik adalah semua barang/bahan yang dibuat dari bahan tanah/batuan silikat menerobos pembakaran. Contoh seni keramik adalah piring, jambangan anakan, gelas, dan mug.


Melansir dari


Kamus Besar Bahasa Indonesia

, topeng yaitu penutup paras (bermula kayu, kertas, dan sebagainya) yang menyerupai muka seseorang, sato, dan sebagainya. Kebanyakan, topeng dipakai bakal mengiringi musik kesenian daerah.


Mengutip buku


Kerajinan Tangan & Kesenian SD 2


maka itu Dedi Nurhadiat, ramin yakni susunan pita maupun tali nan diatur secara tumpang tindih. Benda yang lazim digunakan ibarat bahan untuk menganyam yaitu rambut, makao, dan lin. Contoh seni anyaman adalah kipas dari awi, jangat ketupat dari daun kelapa, kursi berpokok rotan, dan tikar.


Mengutip buku


Kriya Tiang Tradisional


oleh Martono, kriya yakni sebuah karya seni nan dibuat menggunakan keterampilan tangan (

hand skill

) serta memperhatikan segi fungsional (kebutuhan fisik) dan kegantengan (kebutuhan romantis/rasa). Contoh karya seni kriya adalah arca, meja dan kursi ukir.

Source: https://kumparan.com/kabar-harian/pengertian-tema-dan-fungsi-dalam-karya-seni-rupa-tiga-dimensi-1wBprh0AjQg