Selat Yang Memisahkan Pulau Jawa Dan Sumatera

img title

Petroenergy.id, JAKARTA – Benarkah terlampau daratan Pulau Jawa dan Pulau Sumatera pernah bergabung? Benar, ternyata kedua pulau itu pernah menjadi suatu daratan di suatu musim di masa lalu.

Menyatunya kedua daratan itu sedikitnya pernah dibenarkan oleh badan biasa pemerintah di pertengahan tahun  2022 tinggal.

Bodi itu adalah Sendi Vulkanologi dan Mitigasi Batu Geologi (PVMBG), Departemen Energi dan Perigi Sentral Mineral. PVMBG pasti sahaja tidak asal wicara, sahaja pembenarannya itu didasarkan pada hasil temuan ilmiah para ahli.

Komandan Bidang Mitigasi Gunung Api, PVMBG, Hendra Gunawan, kombinasi mengatakan pemisahan daratan antara Pulau Jawa dan Sumatera terjadi pada masa lampau. Bahkan jauh sebelum masehi. Atau diperkirakan jutaan tahun lalu.

Karena itu, PVMBG menampik pendapat yang menyatakan aktivitas Gunung Krakatau tahun 535 Kristen menjadi penyebab berpisahnya daratan Pulau Sumatera dan Jawa. “Sebelum ada manusia, (daratan) itu kali (telah terpisah),” kata Hendra seperti dikutip okezone.com.

Kalau bukan karena letusan Gunung Krakatau, lalu segala penyebab daratan kedua pulau itu terpisah? Masih menurut penjelasan PVMBG, terpisahnya daratan itu lantaran aktivitas atau dinamika lempeng di perut bumi.

Detik itu terjadi tumbukan hebat lempeng Indo-Australia ke Peso-Asia, menyebabkan terbukanya celah di perut bumi. “Lempengnya sobek di antara Jawa dan Sumatera,” jelas Hendra. Yang sobek fragmen utara menjadi Pulau Sumatera. Yang bagian kidul timur, menjadi Pulau Jawa.

Gunung Krakatau sendiri kemudian muncul di tengah laut di antara ke dua pulau itu. Terjadi selepas kedua pulau itu terpisah. Tabrakan lempeng itu pun membentuk selat Sunda yang memisahkan Pulau Jawa dan Sumatera.

Sebelumnya beredar pengetahuan bahwa akibat letupan dahsyat Ancala Krakatau tahun 535 Kristen, Pulau Jawa dan Sumatera yang tadinya menyatu daratannya menjadi terpisah. Juga memunculkan selat Sunda.

Namun, informasi itu sudah diluruskan oleh PVMBG. Makara, kenyataan itu keliru. Yang bener, terpisahnya daratan Pulau Jawa dan Sumatera dan terbentuknya selat Sunda akibat tumbukan lempeng yang diperkirakan terjadi jutaan tahun adv amat. [tius]

Source: https://petroenergy.id/article/penyebab-terpisahnya-pulau-jawa—sumatera