Soal Tes Akuntansi Masuk Kerja

Huaaahhh..melepas penat di kantor, mending ane nulis dah..
D

Nahhh..kali ini ane belaka pengen sharing aja ama temen2 khususnya jurusan Akuntansi dan sejenisnya yang kebetulan masih lamar sana sini (bukan lamar jodo lohh ya). Sebelum kalian baca ampe akhir, ane belas kasih tau dulu di semula klo tulisan ini justru berisi asam garam kegagalan2 ane melamar gawe. Yaa..betul, melamar gawe enggak melamar cewe!.. ;p
Kaprikornus, jangan diteruskan bacanya klo sekiranya ga ada gunanya bagi kalian..hehe…

Sebelum melamar gawe dan cak semau panggilan, tentunya kita harus mempersiapkan CV berikut surat lamarannya, right?!(ngikutin gaya bicara Ipphoright dikit). Nah..ane pemberian deh link berpunca kaskus yang isinya tips ufuk gerendel buat CV t manuskrip lamaran kerja. Linknya dimari agan2 dan sista2 >—https://www.kaskus.co.id/showthread.php?lengkung langit=5194193&page=15
Antara page 15-22 itu mandraguna kajian gimana caranya untuk CV n surat lamaran yang boleh memborbardir HRD firma yang kalian meminang.

Karna mayoritas nan ane mempersunting tuh rata2 posisi akunting, makara ane sharing tentang isi soal dari pembuktian akuntansi itu sendiri berikut wawancaranya. Barangkali terserah berpokok kalian yang nanang, “Ahh..si TS nih, mau sharing mengenai isi soal akuntansi dan proses interview tapi anda sendiri gagal kaga lolos2 tes! Ngapain gw harus ikutin jejak dia”. Betul sekali ane gagal, dan kegagalan ane ditulis disini kendati kalian yang melamar sbg posisi akunting sempat letak pil ane n dapat memperbaikinya. Paling kecil 1 soal betul terjawab centung mayan..hehe.. ;p

Sekaligus aja nih agan2 tepi langit sista2. Sebagai acuan, firma yang ane lamar rata2 berbunga Bandung lengkung langit Jakarta. Nah…berpokok beberapa perusahaan yang ane ikutin penyortiran masuknya, rata2 seimbang prosesnya. Ingin dari Bandung kek, Jakarta kek sekelas aje. Bak gambaran serupa ini :

Panggilan lwt telepon/sms/email – Tes Akuntansi – Proses Psikotes – Interview HRD – Interview User 1 – Interview User 2 – Negosiasi gaji n teknis kerja – Sign contract!
(bila teradat bisa jadi diadakan medical check up. Dan prosedur diatas tidak selalu mutlak, mungkin ada salah satu proses yang dihilangkan ataupun ditambahkan).

Klo di Bandung, rata2 ane gagalnya di psikotes. Ihhh..bener2 nih psikotes jadi momoklah kerjakan ane! Padahal soalnya sekufu, gitu gituu..aja mulu. Ahh..emang masih fresh se fresh2nya lulusan, nubitol dlm perPsikotesan! ;p

Hmmm..darimana silam ya ane sharing. Ok..anggap aja kalian dapet panggilan nih yah bermula HRDnya. Ancang fisik ya kalian jaga stamina, jumlah perian tidur, tidur sediakala cakrawala siuman awal. Jangan lalai pakaian menentukan intern proses penilaian, jangan anggap remeh agan2 sista2.. Jangan lupa juga sarapan dan kalian nomplok maximal sepoteng jam sebelum proses seleksi. Harap tahmid restu ama ortu (hal ini yg ane kadang2 lalai), dan kekuatan pikiran. Jangan pernah satupun terbersit pikiran rendah diri, kalah, ga lulus, dan pikiran2 negatif lainnya. Pikirkan klo kalian PASTI Dapat, FOKUS, TOTALITAS, dan YAKIN Retas! Apa yg kamu pikirkan itulah yg centung terjadi!

Cukup sharing tentang hal2 non-teknis, yuk lanjut ke hal2 teknis. Tes pertama klo ga tes akuntansi, ya tes psikotes. Berdasarkan nan ane alami sih rata2 diawali dengan tes akuntansi terlampau, maka berbunga itu ane urut aja yah sharingnya dimulai semenjak pembuktian akuntansi.

Cukuplah..dulu gw berpikir klo tes akuntansi tuh paling berkisar bikin jurnal, informasi rugi/laba, laporan perubahan modal, dan perimbangan. Ngga salah sih klo kalian berpikiran gitu sekali lagi namun berpangkal beberapa perusahaan yang ane ikutin seleksi akuntansinya tuh pasti cak semau soal yang namanya REKONSILIASI BANK beserta jurnalnya! Yaa…awalnya pas ane nerima ini soal, tergegau! Blank deh gw ama ni soal, secara ane mah di perkuliahan angin2an mempelajari tentang rekonsiliasi bank.. huhu…

Segala sih rekonsiliasi bank itu??? Secara garis besarnya sih menyamakan saldo rekening di bank (rekening Harian) dan saldo yang dicatat di firma kita, harus imbang itu saldo antara rekening surat kabar n saldo nan ada di catatan firma, karna ada beberapa transaksi yang dicatat di bank namun tak dicatat di perusahaan dan sebaliknya. Ane disini ngga ngejelasin panjang lebar tentang rekonsiliasi bank, karna ga akan cukup ini note klo ampe ngebahas soal.. ;p Silakan kalian cari pustaka soal yang menggunjingkan penyelarasan bank.

Tanya kedua yang sering muncul pasti dan enggak bukan adalah pencatatan jurnal berpangkal transaksi yang ada. Susah2 gampang sih soal buku harian ini. Soal yang unjuk seringnya tentang surat kabar pendapatan dan barang bawaan perusahaan, buletin tagihan utang piutang, kas dan pendapatan. Bagaimana klo perusahaan menagih ketinggalan ke supplier (yunior menagih lohh, klo menagih pencatatannya masih piutang di debit, pendapatan di biji). Begitu kira2 soal mengenai pertanyaan kronik.

Buncit, soal yang menguras perian cukup banyak tuh Laporan Keuangan. Biasanya muncul takrif Perbandingan Saldo sebelum penutupan, sudahlah..dari haud kita disuruh buat manifesto rugi/laba dan Neraca. Yupz! Kebanyakan belaka 2 kabar saja nan harus kita buat. Klo cak semau soal Mualamat Keuangan ini umumnya calon perusahaan kita memberi hari 2 jam pengerjaan. Klo cuma pengharmonisan bank maupun harian doank, biasanya kita dikasih waktu 1 jam.

Bila boleh disimpulkan semenjak proses tes akuntansi diatas, seperti begini:
1. Rekonsiliasi Bank
2. Pencatatan Jurnal
3. Laporan Keuangan
Ane perkariban pula nemuin pertanyaan teori, semata-mata itu langka gan. Kalopun terserah, jawablah sedapat agan2 sista2 ketahui, jangan bersisa text book.

PERCAYA DIRI dan rileks! Jangan teruit ama peserta lainnya yang klo diliat berasal luar, “Wahh..ni orang keliatan pinter, pakaiannya aja udah pake dasi gitu” atau “Wahh..ni sosok cepet amat ngerjainnya”. Hilangkan perasaan ga penting seperti itu, keep concentration!!!

Setelah selesai, berdoalah supaya agan2 lolos ke tahap seterusnya. Biasanya sih pengecekan akuntansi ini dilanjutkan dengan wawancara HRD pada hari nan setimpal.

Mengenai tahap wawancara dengan HRD berikut psikotes, laen kali ane sharing-teko. Klo ada tanya silakan bisa lewat komentar di bawah.
Walopun ane udah kerja tapi sebulan habis ane mulai proses meminang sana sini, nubitol masih harus belajar banyak ama mastah2 yang sudah berpengalaman. Mohon juga kepada para senior yang punya ilmu dan pengalaman nan bisa nambah butir-butir, bisa di sharing disini. Because sharing was not a crime!!!

Klo emang trit ini berjasa bagi agan2, bolehlah ane sedikit mencicipi
cendolbig
Klo nan belum ISO, silakan kasih :rate5 hanya..
malus

Source: https://archive.kaskus.co.id/thread/7904689/1