Surat Al Baqarah Ayat 83 Beserta Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Bertarung kembali dengan kami admin blog poskajian. Siapa ini kita akan selidik amatan
hukum tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 83 lengkap dengan latin penjelasan dan arti serta isi kandungannya. Sahifah ini merupakan surat ke-2 di privat Al-Quran. Setelah Surat Al-Fatihah. Al-Baqarah artinya sapi betina. Teman-oponen tentu penting buat mempelajari ilmu tajwid karena ilmu tersebut memang berharga sekali. Maka tak boleh kita meninggalkannya. Wajib kita sediakan hari untuk mempelajarinya. Setiap kita tentu ingin memiliki bacaan Al-Quran baik dan sesuai kaidah atau disebut pustaka nan tartil. Maka kita mesti senantiasa meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran.

Kerumahtanggaan kesempatan boleh jadi ini yang menjadi fokus pembahasan kita adapun kajian tajwid pada Surat Al-Baqarah ayat 83. Kiranya dengan kita mengetahui analisis tajwid dari ayat tersebut kita akan semakin mudah dalam membacanya. Baiklah, kita lansung saja menyimak analisis tajwidnya di bawah ini.

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 83 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya

Penjelasan rinci dari nomor-nomor di surat Al-Baqarah ayat 83 di atas yakni :

1. Mad nirmala alias mad thobi’i karena huruf nun berharakat fathah bertumbuk alif dan setelahnya lain bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

2. Mad bersih atau mad thobi’i karena huruf mim berharakat kasrah bertemu ya’ sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

3. Mad safi atau mad thobi’i karena lambang bunyi tsa berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak berlaga hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

4. Mad jaiz munfasil alasannya karena abc mad bertarung hamzah di lain kata. Dibaca tingkatan 2, 4 atau 5 harakat.

5. Mad wajib muttashil alasannya karena abc mad berlawan hamzah intern satu pengenalan. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.

6. Mad badal karena abjad mad beradu hamzah privat satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu berusul huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.

7. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

8. Mad kalis atau mad thobi’i karena huruf dal berharakat dhamah bertumbuk wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

9. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah dal berharakat fathah. Mandu membacanya tebal.

10. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf wau. Dibaca secara jelas.

Baca juga : Pustaka Tahlil Sesudah Wudhu Lengkap Arab Latin Serta Artinya.

11. Mad kudus atau mad thobi’i karena huruf wau berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Pendirian membacanya jenjang 2 harakat.

12. Mad lin karena abc ya’ sukun didahului maka dari itu huruf dal berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.

13. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf sin berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya enggak bertumbuk hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Kaidah membacanya panjang 2 harakat.

14. Idgham bighunnah karena huruf nun berharakat fathah tanwin berlanggar lambang bunyi wau. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.

15. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf qaf. Dibaca secara jelas.

16. Mad polos atau mad thobi’i karena huruf ba’ berharakat fathah merembah dan setelahnya tidak bertemu lambang bunyi hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya strata 2 harakat.

17. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam berlanggar huruf ya’. Dibaca secara jelas.

18. Mad kudus atau mad thobi’i karena huruf ta’ berharakat fathah merembah dan setelahnya tidak berlanggar hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Mandu membacanya panjang 2 harakat.

19. Mad suci atau mad thobi’i karena lambang bunyi mim berharakat fathah mengirik dan setelahnya tak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Kaidah membacanya panjang 2 harakat.

20. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam berlaga aksara mim. Dibaca secara jelas.

21. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf sin berharakat fathah tegak dan setelahnya tak bertumbuk hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya tataran 2 harakat.


Baca juga : Teks Doa Shalat Istikharah Lengkap Arab Latin Serta Artinya.

22. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf kaf berharakat kasrah bertarung ya’ sukun dan setelahnya enggak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Pendirian membacanya strata 2 harakat.

23. Mad tali tap karena fonem wau sukun didahului maka itu huruf qaf berharakat fathah. Dibaca janjang 2 harakat.

24. Mad sejati atau mad thobi’i karena abc lam berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

25. Terwalak dua syariat di sini. Mula-mula yaitu ghunnah sebab huruf nun bertanda tasydid dan kaidah membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad nirmala maupun mad thobi’i karena huruf nun berharakat fathah berlaga alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang selama 2 harakat.

26.  Idgham bighunnah karena leter nun berharakat fathah tanwin bertemu huruf wau. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai selama 3 harakat.

27. Mad nirmala atau mad thobi’i karena huruf qaf berharakat kasrah bertemu ya’ sukun dan setelahnya tidak bertumbuk huruf hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

28. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertarung huruf syamsiyah shad. Dibaca idgham (timbrung ke abjad shad).

29. Mad kudus alias mad thobi’i karena abc lam berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang selama 2 harakat.

30. Mad badal karena fonem mad antuk hamzah kerumahtanggaan satu alas kata akan sekadar posisi hamzah kian dahulu dari huruf mad. Pendirian membacanya tahapan selama 2 harakat.

31. Alif lam syamsiyah karena aksara alif lam bertemu aksara syamsiyah zai. Dibaca idgham (masuk ke fonem zai).

32. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 setakat 6 harakat.

Baca kembali : Bacaan Tahlil Selamat Dunia dan Darul baka Lengkap Arab Latin Serta Artinya.

33. Ghunnah sebab huruf mim bertanda tasydid dan prinsip membacanya dengan dengung serta ditahan selama 3 harakat.

34. Mad pita karena leter ya’ sukun didahului oleh leter lam berharakat fathah. Dibaca tataran selama 2 harakat.

35. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan fonem hamzah. Cara membacanya dengan jelas.

36. Mad asli ataupun mad thobi’i karena huruf lam berharakat fathah berlanggar alif dan setelahnya tidak bertarung hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya tinggi 2 harakat.

37. Mad asli ataupun mad thabi’i karena huruf lam berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

38. Idgham bighunnah karena huruf lam berharakat fathah tanwin bertemu aksara mim bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.

39. Ikhfa karena huruf nun sukun bertarung abc kaf. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan sejauh 3 harakat. Kemudian cak bagi cara pelisanan begitu juga bunyi “ng”.

40. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf wau. Cara membacanya dengan jelas.

41. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu leter ta’. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan sejauh 3 harakat. Pada hari mengucapkan lambang bunyi nun sirep, sikap ujung lidah karib menyentuh pangkal dua biji kemaluan transmisi atas sesuai posisi makhraj ta’.

42. Idgham mislain karena aksara mim bersukun bertemu fonem mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.

43. Mad arid lissukun karena abc mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.

Selanjutnya bikin latin dari Arsip Al-Baqarah Ayat 83 ialah :

WA IDZ AKHADZNAA MIITSAAQA BANII ISRAA IILA LAA TA’BUDUUNA ILLAALLAAHA WA BIL WAA LIDAINI IHSAANAW WADZILQURBAA WAL YATAAMAA WAL MASAAKIINI WA QUULUU LINNAASI HUSNAWWA AQIIMUUSH SHALAATA WA AATUUZZAKAAH. TSUMMA TAWALLAITUM ILLAA QALIILAMMINKUM WA ANTUMMU’ RIDHUUN.

Baca kembali : Doa Shalat Dhuha Cermin Arab Latin dan Artinya.

Lebih jauh, mengenai terjemah bahasa Indonesia ataupun keistimewaan dari Kopi Al-Baqarah Ayat 83 ialah :

“dan (ingatlah), ketika Kami mengambil taki dari Bani Israil (yaitu): janganlah ia menyembah selain Almalik, dan mengerjakan kebaikanlah kepada ibu bapa, kaum kerabat, anak asuh-anak yatim, dan anak adam-orang papa, serta ucapkanlah perkenalan awal-kata yang baik kepada sosok, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. kemudian kamu tidak memenuhi ikrar itu, kecuali sebahagian kecil ketimbang kamu, dan anda selalu menoleh.”

Isi nafkah berusul Tembusan Al-Baqarah Ayat 83 yakni Tuhan Subhanahu wa ta’ala mengingatkan Rasul Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam atas janji Ibni Israil yang harus mereka penuhi. Taki mereka yaitu bukan akan menyembah selain Halikuljabbar Subhanahu wa ta’ala. Kemudian mereka akan berbuat baik kepada orang tua bangka. Sebab dari merekalah seseorang terlahir di dunia dan jasa-jasanya serupa itu besar. Selanjutnya, sesudah berbuat baik kepada orang gaek, maka berbuat baik sekali lagi kepada kerabat, momongan yatim, orang miskin. Tidak lupa pula bakal berkata-introduksi baik kepada sesama manusia. Untuk kembali ibadah shalat dan menunaikan zakat.

Seyogiannya berguna pembahasan kali ini buat para pembaca sekalian. Sampai berjumpa kembali dalam pembahasan lainnya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Baca juga : Bacaan Shalawat Dalam Shalat Lengkap Arab Latin Serta Artinya.

Source: https://poskajian.blogspot.com/2019/01/hukum-tajwid-surat-albaqarah-ayat-83.html