Tanda Ruku Dalam Al Quran

Membedah Isi Alquran

Rep:
Syahruddin el-Fikri/ Red:

Agung Sasongko




Selasa 19 Apr 2022 16:33 WIB

Quran yang diturunkan secara berangsur-angsur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Alquran yang diturunkan secara berangsur-angsur tersebut terdiri atas 114 surat. Urutan-urutannya begitu juga ditetapkan Rasulullah SAW tak sama panjang dan pendeknya.

Piagam terpanjang di kerumahtanggaan Alquran terdiri atas 286 ayat, yaitu al-Baqarah, sementara itu surat-surat terpendek terdiri mulai sejak 3 ayat, seperti mana al-‘Ashr, al-Kautsar, dan an-Nashr. Surat-surat di dalam Alquran kemudian dikelompokkan menjadi dua kategori, adalah surat Makkiyyah dan Madaniyyah.

Terjadi kurang perbedaan pendapat di antara para ulama mengenai jumlah ayat yang terwalak di dalam Alquran.

Perbedaan ini terletak pada cara pandang cerdik pandai itu terhadap kalimat Basmalah pada awal surat dan lafal pembuka kopi, kemudian mengenai kata-prolog pembuka surat yang terdiri berusul susunan abc-aksara seperti Alif Lam Miim, Yaa Siin, dan Ha Mim.

Sebagian ulama terserah yang menggolongkan kata-introduksi pembuka surat itu sebagai ayat, dan ada lagi yang tidak mengikutsertakannya sebagai ayat.

Menurut ulama Kufah, seperti Abu Abdurrahman as-Salmi, Alquran terdiri atas 6.236 ayat. Sedangkan menurut as-Suyuti, koteng ahli Alquran dasar Mesir, Alquran terdiri atas 6.000 ayat.

Adapun al-Alusi, seorang tukang kata tambahan berusul Baghdad, dalam kitab tafsirnya nan berjudul
Ruh al-Ma’ani fi Kata keterangan al-Qur’an al-‘Azim wa as-Sab’ al-Masani
menamakan bahwa Alquran mempunyai seputar 6.616 ayat.

Untuk memudahkan dalam pembacaan dan penghafalan, maka para ulama membagi Alquran dalam 30 juz nan sama panjang, dan n domestik 60 hizb (biasanya ditulis di bagian pinggir Alquran). Kemudian, masing-masing hizb tersebut dibagi lagi menjadi empat dengan tanda-logo ar-rub’ (seperempat), an-nisf (seperdua), dan ats-tsalatsah (tiga perempat).

Selain itu Alquran dibagi pun dalam 554 ruku’, yaitu bagian nan terdiri atas sejumlah ayat. Misal penanda, maka lega setiap satu ruku’ diberi nama berupa huruf mata dipinggir. Sertifikat yang panjang berisi sejumlah ruku’, madya untuk dokumen-manuskrip yang pendek hanya berisi satu ruku’.

Tanda medio Alquran atau Nisf Alquran terletak pada surat al-Kahfi ayat 19, adalah pada lafal walyatalaththaf, yang artinya adalah, “hendaklah beliau dolan letoi lembut”.

Berita Lainnya

Source: https://iqra.republika.co.id/berita/p70qs6313/membedah-isi-alquran