Titik Kontrol Suatu Objek Disebut




Perkenalan DENGAN CORELDRAW



MELAKUKAN INTERAKSI TERHADAP SUATU HAL Caruk DIAWALI DENGAN Perkenalan. BAIK ITU DENGAN Imbangan BARU, PEKERJAAN BARU, DLL. DEMIKIAN PULA HALNYA DENGAN Satu APLIKASI KOMPUTER TERBARU. PERKENALAN Adalah TAHAP Awal Bikin MENGUASAINYA.



v





TAMPILAN Semula CORELDRAW



:



§




INTERFACE


: KUMPULAN DARI BEBERAPA Gerombolan PERINTAH YANG DISEBUT BAR, Yang BERFUNGSI Kerjakan MEMPERMUDAH MENGAKSES PERINTAH Yang DIGUNAKAN UNTUK KEPERLUAN Membuat, MEMODIFIKASI, MENGHAPUS, Bulan-bulanan VEKTOR DAN BITMAP.



§




MENU BAR


: Kewedanan DIBAWAH TITLE Kafetaria Yang Kebal Kumpulan PERINTAH-PERINTAH YANG MUNCUL Detik KITA MENGKLIK Teks-TEKS YANG Suka-suka DI DALAMNYA.



§




PROPERTY Restoran


: Koleksi PROPERTY,
PERINTAH Nan MUNCUL SESUAI DENGAN TOOL ATAU Bulan-bulanan YANG AKTIF Saat ini. CONTOHNYA JIKA SEBUAH TEKS TOOL AKTIF Lega Saat ITU, BERARTI PERINTAH YANG Muncul Lega PROPERTY TOOL Berbimbing DENGAN Bacaan.



§




TOOLBAR


: KUMPULAN PERINTAH Sekalian (SHORTCUT) Cak bagi MENU Bar DAN PERINTAH Tak.



§




TITLE Kedai kopi


: Provinsi YANG Menampilkan NAMA FILE CORELDRAW YANG SEDANG AKTIF.



§




RULERS


: GARIS HORISONTAL DAN VERTIKAL YANG MENGELILINGI DRAWING WINDOW Yang BERFUNGSI MENENTUKAN Dimensi DAN POSISI SUATU OBJEK.



§




TOOLBOX


: KUMPULAN TOOL Nan DIGUNAKAN UNTUK MEMBUAT, Mengedit DAN MEMODIFIKASI OBJEK YANG DIBUAT.



§




DRAWING WINDOW


: AREA DILUAR DRAWING PAGE YANG DIBATASI Maka dari itu SCROLL Bar DI KANAN DAN BAWAH.



§




DRAWING PAGE


: Negeri SEGI EMPAT DITENGAH DRAWING WINDOW. Provinsi INI Bersama-sama Ialah Provinsi Yang MUNCUL KETIKA MENCETAK HASIL KARYA KITA NANTINYA.



§




COLOR PALETTE


: AREA DI Sisi KANAN YANG BERISIKAN Himpunan KOTAK Sortiran WARNA SESUAI Yang DIINGINKAN.



§




DOCKER


: SEBUAH JENDELA Nan BERISIKAN PERINTAH-PERINTAH YANG Berhubungan DENGAN TOOL/PERINTAH TERTENTU YANG DIINGINKAN.



§




STATUS Bar


: Distrik Paling BAWAH Jendela UTAMA CORELDRAW Nan BERISI INFORMASI Target YANG Tersaring SERTA PROPERTY YANG DIMILIKINYA, SEPERTI TEKS, UKURAN, WARNA, RESOLUSI DLL.



§




DOCUMENT NAVIGATOR


: Kewedanan DI Kiri BAWAH Buat MENGONTROL ATAU Meninggi Pekarangan (PAGE).



§




NAVIGATOR


: Kenop DI Sudut KANAN BAWAH Nan Menyorongkan Jendela kecil UNTUK MEMBANTU KITA MENENTUKAN POSISI KETIKA MENGGAMBAR.



v




STANDARD TOOLBAR :



BERADA DIBAWAH MENU BAR. TOOLBAR INI Sakti SEJUMLAH TOMBOL YANG MERUPAKAN PERINTAH CEPAT Cak bagi BEBERAPA MENU YANG SERING DIGUNAKAN.


Bakal MEMULAI FILE CORELDRAW Baru




MEMBUKA FILE CORELDRAW




MENGIMPOR GAMBAR




Melelangkan GAMBAR


MENENTUKAN PERBESARAN Gambar DI Cucur



v




TOOLBOX.


Nan Kreatif DISEBELAH Kiri LAYAR Mandraguna Sejumlah TOOL Nan DIGUNAKAN Internal PROSES PEMBUATAN GAMBAR DALAM CORELDRAW. APABILA Dalam SEBUAH TOOL Terwalak TANDA Semarak KECIL, DISEBUT FLAYOUT. FLAYOUT
INI JIKA DITEKAN BEBERAPA SAAT AKAN MUNCUL TOOL-TOOL LAINNYA.



v




PICK TOOL


BERFUNGSI Lakukan MENYELEKSI, MENGUBAH Format, DAN MEROTASI OBJEK GAMBAR.



v




S H A P E.


TOOL INI BERFUNGSI Untuk MENGEDIT Noktah Yuridiksi YANG Berbenda Dalam GARIS/NODE DAN TITIK Kekuasaan BEZIER Nan
BERFUNGSI Untuk Menata GARIS Kolong PADA SUATU SEGMEN GARIS.


Sebagaimana Teoretis DIBAWAH INI, ANDA AKAN Menyunting SEBUAH GARIS Melampaui TITIK KONTROL Nan BERADA PADA GARIS TERSEBUT.



1.



KLIK
TOOL SHAPE Kerjakan MEMILIHNYA.



2.



KLIK Sasaran GARIS PADA Pekarangan KERJA Kerjakan MEMILIHNYA.



3.




DRAG NODE


Untuk MEMINDAHKAN POSISI.



4.




DRAG


PADA TITIK KONTROL
BEZIER
Bagi MENGATUR LENGKUNGAN SEGMEN.


Kamu AKAN MENGKONVERSI
BEZIER SIMETRIS
MENJADI TIDAK SIMETRIS :



a.



KLIK
TOOL SHAPE UNTUK MEMILIHNYA



b.



KLIK TITIK
NODE
UNTUK
MEMILIHNYA



c.



PADA PROPERTY Restoran, KLIK
TOOL MAKE NODE A CUPS.



d.




DRAG


SALAH Satu TITIK KONTROL
BEZIER
Untuk MENGUBAH BENTUK GARIS Lengkung.



v




E R A S E.



DIGUNAKAN Kerjakan Menyetip OBJEK VEKTOR DAN BITMAP, DIMANA Ampas DARI PROSES PENGHAPUSAN TETAP MENJADI SEBUAH OBJEK Partikular. SEBELUM Menyetip, Ia PERLU Melembarkan Bahan Nan AKAN DIHAPUS.



a.



KLIK Fon Segitiga sama DISUDUT KANAN Radiks TOOL
SHAPE
Bikin MEMBUKA FLAYOUT.



b.



Memperbedakan
TOOL ERASER
Lakukan MEMILIHNYA



c.



KLIK TITIK
1, Cak bagi MENEMPATKAN Titik Tikam PERTAMA.



d.



KLIK TITIK
2, UNTUK MENGHAPUS Episode YANG DIINGINKAN.



v




ROUGHEN BRUSH.


DIGUNAKAN Untuk Mengingkari BENTUK GARIS MENJADI Mengalun DENGAN Sisi DAN AMPLITUDO SESUAI DENGAN Ponten Yang Suka-suka Lega PROPERTINYA.



v




Z O Udara murni M


DIGUNAKAN Untuk MENGENDALIKAN TAMPILAN PADA HALAMAN KERJA, Sama dengan MEMBESARKAN ATAU MENGECILKAN TAMPILAN OBJEK PADA Pelataran KERJA. TOOL INI MEMPUNYAI FLAYOUT Nan Berisi TOOL ZOOM & HAND.




a.




KLIK TOOL
ZOOM
Untuk MENGAKTIFKANNYA.




b.





DRAG


Sreg BAGIAN Yang Kepingin DIBESARKAN ATAU KLIK Puas BAGIAN Yang INGIN DIBESARKAN.




c.




KLIK
KANAN
Puas Bagian Nan AKAN DIKECILKAN.




d.




KLIK
TOOL HAND,
DRAG
Sreg HALAMAN KERJA UNTUK MEMPOSISIKAN TAMPILAN.



v





F R E E H A Cakrawala D



DIGUNAKAN Cak bagi MEMBUAT GARIS BEBAS Alias GARIS LURUS, Sangat MELALUI PROPERTINYA ANDA DAPAT Memintal JENIS DAN KETEBALAN GARIS Nan DIINGINKAN.



a.



KLIK
TOOL FREEHAND
Lakukan MENGAKTIFKANNYA



b.




DRAG


PADA Pelataran KERJA Cak bagi Membuat GARIS BEBAS.



c.



KLIK UNTUK Menaruh TITIK PERTAMA



d.



TEKAN
CTRL, Adv amat KLIK UNTUK Menempatkan Bintik KEDUA



e.



PASTIKAN GARIS DALAM KEADAAN TERPILIH



f.



Plong
PROPERTY BAR
TENTUKAN Variasi DAN KETEBALAN GARIS.



v




ARTISTIC MEDIA


DIGUNAKAN UNTUK MEMBUAT EFEK GORESAN KWAS SEPERTI :

PRESET, BRUSH, SPRAY, CALIGRAPHIC DAN PRESSURE
. SETIAP JENISNYA MEMILIKI PROPERTI YANG Farik.



a.



KLIK Segitiga Katai Yang BERADA Puas
TOOL FREEHAND, Bikin MEMBUKA FLAYOUT.



b.



Memilah-milah
ARTISTIC MEDIA



c.



PADA
PROPERTY BAR, Memilah-milah
SPRAYER



d.



Puas MENU POP-UP
SPRAYLIST FILE LIST, TENTUKAN Sortiran Nan DIINGINKAN



e.




DRAG


Puas Distrik KERJA UNTUK Membentuk GORESAN.



v




TOOL Pena


DIGUNAKAN Bakal MEMBUAT Korban GARIS Verbatim DAN Mungkum.



a.



KLIK SEGITIGA KECIL YANG BERADA Pada
TOOL FREEHAND, Cak bagi Menyibakkan FLAYOUT.



b.



PILIH
TOOL PEN



c.



KLIK Puas HALAMAN KERJA Cak bagi MENEMPATKAN TITIK PERTAMA.



d.




KLIK+DRAG


PADA TITIK
2
Untuk Membentuk GARIS Jeluk



e.



KLIK TITIK
3
Bakal MEMBUAT GARIS Harfiah



f.



KLIK GANDA Cak bagi MENGAKHIRI PEMBUATAN GARIS



v




TOOL SMART FILL


DIGUNAKAN Lakukan MENGUBAH Corak DAN GARIS Plong SUATU OBJEK SERTA MEMILIKI Manfaat COPY-PASTE. TOOL INI Punya FLAYOUT Nan Mandraguna TOOL SMART FILL DAN SMART DRAWING.



a.



BUATLAH OBJEK
BINTANG
Puas Kawasan KERJA



b.



KLIK
TOOL SMART FILL
Buat MEMILIHNYA



c.



PADA
PROPERTY BAR
SMART FILL, UBAH
FILL OPTIONS
:
SPECIFY, Tukar Boks WARNA
FILL COLOR
:
MERAH, UBAH
OUTLINE OPTIONS
:
SPECIFY, Ganti
Dimensi GARIS MENJADI 2.0 pt,
SEPERTI Sreg Bagan.



d.



KLIK
TOOL PICK
Lakukan MENGAKTIFKANYA



e.




DRAG


OBJEK Kotak YANG Sudah ANDA Kerjakan PADA Persiapan DIATAS. MAKA ANDA AKAN Mengaram Objek YANG PERTAMA Bisa jadi Sira Cak bagi.



v




TOOL SMART DRAWING


DIGUNAKAN Bagi Takhlik GARIS, BEDA DENGAN LAINYA ADALAH DAPAT MEMBUAT GARIS YANG TIDAK Berbimbing TETAPI Tegar DALAM SATU Incaran.



a.



KLIK
TOOL SMART DRAWING, UNTUK MEMILIHNYA



b.




DRAG


BEBAS DALAM Provinsi KERJA Untuk MEMBUAT GARIS TIDAK MENYAMBUNG Sama dengan PADA Gambar DIBAWAH INI



c.



KLIK
TOOL PICK, Bagi MENGAKTIFKANNYA



v




TOOL RECTANGLE




a.




KLIK
TOOL RECTANGLE, Bikin MEMILIHNYA




b.





DRAG


BEBAS PADA Provinsi KERJA HINGGA SESUAI DENGAN Dimensi YANG Beliau INGINKAN. TEKAN CTRL Bikin MEMBUAT Bulan-bulanan BUJURSANGKAR.




c.




Buat Menciptakan menjadikan OBJEK SEGIEMPAT SECARA Kecermatan, IKUTI Ancang BERIKUT :




d.




PADA
PROPERTY BAR, TENTUKAN Angka X DAN Y PADA KOTAK MASUKAN
OBJECT SIZE.




e.




KLIK
TOOL SHAPE




f.





DRAG


TITIK YANG BERADA DI SALAH Suatu Kacamata OBJEK SEGIEMPAT Lakukan Mewujudkan SUDUT Ki beku



v




TOOL 3 POINT RECTANGLE


TOOL INI JUGA DIPERUNTUKKAN N domestik MEMBUAT SEGI EMPAT, PERBEDAANNYA DENGAN TOOL RECTANGLE ADALAH Ia DAPAT MENENTUKAN KEMIRINGAN OBJEK SEGI Empat DENGAN BEBAS Bilamana PEMBUATAN Bulan-bulanan SEGI Catur TERSEBUT.



a.



KLIK TOOL 3 POINT RECTANGLE



b.



KLIK+DRAG PADA TITIK 1, Terlampau Campakkan MOUSE Plong TITIK 2



c.



Turun takhta Dulu KLIK DI TITIK 3 Kerjakan Membentuk OBJEK SEGIEMPAT



v




TOOL ELLIPSE.


DIGUNAKAN Bikin Takhlik Sasaran ELIPS Alias Kalangan.



a.



KLIK TOOL ELLIPSE, Bagi MEMILIHNYA



b.



DRAG Nonblok PADA AREA KERJA HINGGA SESUAI DENGAN UKURAN YANG Dia INGINKAN. TEKAN CTRL Bikin Membuat Alamat LINGKARAN.



v




TOOL 3 POINT ELLIPSE


TOOL INI DIPERGUNAKAN UNTUK MEMBUAT Mangsa Bujur telur ATAU LINGKARAN. PENGGUNAAN TOOL INI SAMA DENGAN TOOL 3 POINT RECTANGLE.



a.



KLIK TOOL 3 POINT ELLIPSE, Untuk MEMILIHNYA



b.



KLIK+DRAG Puas TITIK 1, Tinggal LEPASKAN MOUSE Lega TITIK 2



c.



Geser LALU KLIK DI Tutul 3 UNTUK Takhlik Alamat Pematang.



v




TOOL POLYGON.



v




TOOL STAR



v




TOOL COMPLEX STAR



v




TOOL TEXT

Source: http://madealkamala.blogspot.com/2012/03/perkenalan-dengan-coreldraw.html