Ya Fattah Ya Alim Artinya

tirto.id – Asmaul Husna Al Fattah artinya Nan Maha Pembuka Pemberian. Allah SWT punya 99 nama yang baik ataupun pelalah dikenal dengan “Asmaul Husna”.

Pengamalan Asmaul Husna bakal seorang muslim sebaiknya dijalankan dalam kehidupan sehari-perian baik intern rancangan perilaku atau wirid. Asmaul Husna mengandung banyak anak kunci dan kemujaraban untuk kehidupan dunia dan akhirat. Dikutip berasal laman
NU Online, Asmaul Husna memiliki maslahat-keistimewaan, salah satunya merupakan sebagai doa.

وَلِلّٰهِ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى فَادْعُوْهُ بِهَاۖ وَذَرُوا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِيْٓ اَسْمَاۤىِٕهٖۗ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ ۖ – ١٨٠

Arab Latin:

Wa lillāhil-asmā`ul-ḥusnā fad’ụhu bihā wa żarullażīna yul-ḥidụna fī asmā`ih, sayujzauna mā kānụ ya’malụn

Artinya:

“Dan Allah memiliki Asma’ul-husna (nama-jenama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asma’ul-husna itu dan tinggalkanlah manusia-bani adam yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan membujur tangkisan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.”(QS. Al A’raf {7}:180).

Asmaul Husna Al Fattah Artinya Apa?

Pelecok satu Asmaul Husna yang dimiliki oleh Allah SWT adalah Al Fattah. Asmaul Husna Al Fattah memiliki arti, yaitu Yang Maha Pembuka Rahmat. Asmaul Husna Al Fattah berasal dari lafal
fataha-yaftahu-fathan
nan memiliki manfaat membuka.

Dikutip terbit laman
Suara miring Muhammadiyah, Ar-Raghib al-Asfahani dalam
al-Mufradât fi Gharîb al-Qur’ân
menguraikan makna kata
fath
sebagai menghilangkan ketertutupan dan kemusykilan (persoalan).

Asmaul Husna Al Fattah secara sederhana berbentuk shighat mubalaghah nan bermakna Maha Pembuka bagi yang bisa dilihat maupun lain bisa disaksikan oleh indra manusia. Bilang contoh berasal rang Asmaul Husna Al Fattah seperti membuk tabir kesulitan, kemalangan, kepedihan, dan permasalahan terik.

Asmaul Husna Al Fattah disebutkan sebanyak 1 mungkin di n domestik kitab suci Al Quran. Pelisanan etiket dan sifat Asmaul Husna Al Fattah secara jelas di internal Al Quran ditampilkan pada surah Saba ayat 26.

Dalil Asmaul Husna Al Fattah internal Al Alquran

1. Surah Saba Ayat 26

قُلْ يَجْمَعُ بَيْنَنَا رَبُّنَا ثُمَّ يَفْتَحُ بَيْنَنَا بِالْحَقِّۗ وَهُوَ الْفَتَّاحُ الْعَلِيْمُ – ٢٦

Arab Latin:

Qul yajma’u bainanā rabbunā ṡumma yaftaḥu bainanā bil-ḥaqq, wa huwal-fattāḥul-‘alīm

Artinya:

“Katakanlah, “Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan bermartabat. Dan Beliau Yang Maha Pemberi keputusan, Maha Mengetahui.”(QS. Saba {34}:26)

Makna Mengaji Asmaul Husna Al Fattah

Asmaul Husna Al Fattah dapat dijadikan sebagai tahmid dan dzikir untuk mengingatkan diri, bahwa hanya Allah SWT yang Maha Mengadakan ciptaanya dengan seutuhnya. Kemudian, selain dijadikan bagaikan wirid dan dzikir,

Asmaul Husna Al Fattah juga boleh dijadikan sebagai contoh sifat dan sikap privat menjalani kehidupan di manjapada. Sehingga, memajukan kebiasaan dan sikap yang terpuji bagi diri maupun untuk orang tidak.

Pengamalan Asmaul Husna Al Fattah dalam diri seorang muslim bisa diwujudkan dengan menerapkan sifat seperti senantiasa menjadi pembuka urut-urutan kebenaran, keefektifan, kemaslahatan, kedamaian, kemakmuran, kedamaian, dan kesamarataan bagi sesama.

(tirto.id –
Sosial Budaya)

Penyumbang: Syamsul Dwi Maarif

Penulis: Syamsul Dwi Maarif

Editor: Addi M Idhom



Source: https://tirto.id/dalil-asmaul-husna-al-fattah-artinya-yang-maha-pembuka-rahmat-gn66